search-button

Oct 25, 2016

5 Obat Kuku Cantengan Tradisional

   
Advertisements
Obat Kuku Cantengan Tradisional

Apotik Sehat – Ingin mengobati kuku cantengan dengan bahan alami maka dapat mencoba obat kuku cantengan tradisional berikut ini. Ya, karena unutk mengatasi penyakit tentunya tidak harus selalu menggunakan berbagai macam obat-obatan medis. Melainkan dapat juga menggunakan beragam jenis ramuan tradisional alami. Salah satunya seperti ketika akan mengobati permasalahan seperti kuku cantengan. Paronychia atau yang lebih dikenal dengan sebutan cantengan adalah sebuah kondisi peradangan yang terjadi di bagian kulit area kuku kaki maupun tangan. Kondisi tersebut disebabkan oleh ifenksi virus dan juga bakteri yang kemudian menyebabkan peradangan.

Obat Kuku Cantengan Tradisional

Penyebabnya sendiri adalah kurangnya menjaga kebersihan kaki dan tangan, khususnya pada bagian kuku. Dan jika tidak ingin memburuk, maka sebaiknya kondisi tersebut segera di atasi sedini mungkin agar bagian kuku tidak membusuk. Bagi Anda yang ingin mencoba beberapa obat tradisional, maka inilah obat kuku cantengan tradisional dari bahan alami.

1. Ramuan Daun Kuku Pacar
Untuk membuat ramuan oles dari bahan alami ini maka Anda pun tidak hanya akan membutuhkan daun kuku pacar saja, melainkan juga akan membutuhkan beberapa bahan alami lainnya. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan tersebut adalah :
  • Daun kuku pacar secukupnya
  • Jeruk nipis sebanyak 1 buah
  • Gula merah secukupnya
Pertama-tama cucilah terlebih dahulu daun kuku pacar lalu sisihkan. Setelah itu, peras jeruk nipis dan ambil air sarinya. Sebelum dicampurkan, tumbuk terlebih dahulu gula merah halus barulah campurkan semua bahan yang telah disiapkan tadi. Tempelkan ramuan tradisional tersebut pada bagian kuku cantengan menggunakan perban, dan ganti setiap 4 jam sekali.

2. Ramuan Jahe
Jahe memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, dan ternyata salah satunya dapat digunakan sebagai obat tradisional mengatasi kuku cantengan. Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Jahe secukupnya, kemudian cuci dan kupas kulitnya
  • Minyak kelapa secukupnya
Langkah pertama untuk membuat ramuan alami tersebut adalah dengan memarut jahe terlebih dahulu, campurkan dengan minyak kelapa dan panaskan di atas wajah terlebih dahulu namun jangan sampai kering. Dinginkan, lalu tempelkan ramuan pada bagian kuku cantengan menggunakan perban dan direkat.

3. Ramuan Daun Dewa
Satu lagi bahan alami yang juga dikenal memiliki banyak manfaat yakni daun dewa. Untuk membuat ramuan herbal dari bahan alami ini, maka siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun dewa yang telah dicuci bersih. Haluskan daun dewa kemudian tempelkan pada bagian kuku cantengan menggunakan perban dan direkat, ganti ramuan tersebut hingga 2 kali sehari.

4. Ramuan Bawang Merah
Membuat ramuan herbal untuk kuku cantengan dari bawang merah sebenarnya tidaklah sulit. Siapkan terlebih dahulu bawang merah yang telah dikupas dan dicuci bersih kemudian haluskan dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan ramuan tersebut pada luka kuku cantengan dan tutupi dengan kasa, ganti ramuan dan kasa hingga 3 kali dalam sehari. 

5. Ramuan Daun Tempuh Wiyang
Mungkin nama daun ini akan terasa asing bagi sebagian Anda, namun diketahui bahwa tanaman ini berkhasiat dalam menyembuhkan kuku cantengan. Dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan ini adalah :
  • Daun tempuh wayang dan batangnya secukupnya
  • Sedikit gula pasir
Pertama-tama cuci bersih batang dan daun tempuh wayang terlebih dahulu, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk bersamaan dengan gula pasir. Setelah itu, oleskan ramuan herbal tersebut pada bagian infeksi kuku cantengan, balut dengan kasa dan ganti kasa sert ramuan tersebut setiap 3 hingga 4 jam sekali.

Obat kuku cantengan tradisional di atas tadi memang diketahui terhitung cukup efektif dan ampuh dalam mengatasi infeksi pada kuku cantengan. Selain itu, bahan-bahan alami yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Semoga informasi cara pengobatan alami di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Baca juga: