search-button

Nov 8, 2016

Biaya Periksa THT di Puskesmas

   
Advertisements
Biaya Periksa THT di Puskesmas
Apotik Sehat – Dapat dipastikan bahwa biaya periksa THT di Puskesmas akan berbeda jauh tarifnya dengan biaya periksa di Rumah Sakit atau langsung di dokter spesialis. Ya, hal tersebut tentu saja karena Puskesmas sendiri merupakan fasilitas kesehatan milik pemerintah yang juga mendapatkan subsidi bagi kalangan masyarakat menengah kebawah. Sebenarnya fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit juga merupakan fasilitas kesehatan milik pemerintahan daerah, hanya saja untuk Rumah Sakit Umum Daerah biasanya tidak akan mendapatkan subsidi yang besar dari pemerintah. Maka dari itulah mengapa tarif atau biaya periksa antara Rumah Sakit Umum Daerah dengan Puskesmas berbeda.

Biaya Periksa THT di Puskesmas

Kendati demikian, tentu saja bukan berarti fasilitas kesehatan seperti Puskesmas tidak memiliki kualitas yang layak atau kurang baik. Melainkan Puskesmas juga dapat diandalkan dalam mengobati berbagai macam jenis penyakit, tidak terkecuali pada beragam penyakit yang menyerang telinga, hidung, dan tenggorokan atau THT. Karena disana juga terdapat dokter spesialis yang siap membantu di masing-masing poli yang tersedia. Termasuk juga dokter spesialis untuk poli THT atua telinga, hidung, dan tenggorokan. Dan biasanya, dari ketiga orga tubuh tersebut, sebagian besar kalangan yang mengunjungi poli THT akan memiliki permasalahan dengan telinga bagian dalam.

Jika di Rumah Sakit Umum Daerah, saat periksa ke Poli THT maka setidaknya Anda harus menyiapkan uang tunai paling sedikit 250 hingga 500 ribu rupiah. Selain konsultasi dengan dokter spesialis THT yang memang terhitung relatif mahal, obat yang ditebus dari resep dokter juga diketahui merupakan faktor utama mahalnya tarif periksa THT tersebut.

Bayangkan saja, nominal sebesar 250 hingga 500 ribu tersebut hanya untuk satu kali periksa dan menebus obat untuk beberapa hari saja. Jika ada yang lebih murah, bukankah tidak ada salahnya dapat lebih mengirit biaya? Ya, salah satunya adalah dengan mengunjungi pusat layanan kesehatan seperti Puskesmas. Karena di beberapa Puskesmas juga terdapat Poli THT yang dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit telinga, hidung, dan tenggorokan. Jika berbicara soal tarif, tentu saja biaya periksa THT di Puskesmas jauh lebih murah dibandingkan dengan periksa di Rumah Sakit Umum Daerah.

Bahkan perbedaannya diketahui hingga berpuluh-puluh kali lipat. Jika di poli THT Rumah Sakit Umum Daerah Anda harus mengeluarkan biaya sebesar 250 hingga 500 ribu rupiah, maka di Puskesmas Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar 50 ribuan saja. Nominal tersebut biasanya sudah termasuk resep obat dan juga biaya pendaftaran periksa. Sangat murah dan jauh berbeda bukan? Kendati demikian, bukan berarti Anda hanya diperiksa secara asal-asalan saja dan diberikan obat yang tidak berkualitas. Karena sebagaimana yang telah dijelaskan di atas tadi, setiap Puskesmas sendiri biasanya akan selalu menerima subsidi dari pemeerintah untuk masyarakat.

Maka dari itulah mengapa tarifnya murah dan berbeda jauh dengan pusat layanan kesehatan lainnya. Akan tetapi memang jenis obat yang diberikan biasanya merupakan obat generik, akan tetapi khasiat serta kualitasnya tidak berbeda jauh dengan obat lain pada umumnya. Untuk itulah jangan ragu saat akan memeriksakan penyakit di Puskesmas.

Itulah informasi biaya periksa THT di Puskesmas yang dapat dikatakan biayanya terhitung relatif murah jika Anda dibandingkan dengan pusat kesehatan lainnya. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semuanya.
Baca juga: