search-button

Nov 17, 2016

5 Cara Mengatasi Pilek Hidung Tersumbat Pada Bayi

   
Advertisements
Mengatasi Pilek Hidung Tersumbat Pada Bayi

Apotik SehatCara mengatasi pilek hidung tersumbat pada bayi secara alami berikut ini dikenal ampuh dan juga efektif. Namun sayangnya lebih banyak orang tua yang memiliki tidak mau repot dan menggunakan cara yang lebih mudah yakni menggunakan obat-obatan. Pada dasarnya,  beragam obat-obatan medis memang memberikan hasil yang lebih cepat atau instan.

Akan tetapi, penggunaan beragam obat-obatan medis terutama antibiotik pada anak-anak juga memiliki efek samping negatif bagi tubuhnya. Salah satunya yakni membuat ginjal mereka bekerja secara ekstra saat mencerna berbagai macam obat-obatan tersebut. Maka dari itulah mengapa sebenarnya penggunaan obat-obatan tidak begitu disarankan dan lebih baik menggunakan metode cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Cara Mengatasi Bayi Pilek Hidung Tersumbat

Dalam masa usia bayi mereka masih membangun sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Oleh sebab itulah ingin tubuh bayi Anda menjadi kebal, maka sebaiknya hindari penggunaan obat yang berlebihan. Dan untuk mengatasi flu, cobalah cara mengatasi pilek hidung tersumbat pada bayi secara alami berikut ini.

1. Menggunakan Minyak Kayu Putih.
Cara ini mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi yang disebabkan oleh flu atau pilek. Oleskan minyak kayu putih pada bagian dada, punggung, leher, dan tengkuk bayi untuk meringankan hidung yang tersumbat. Dengan begitu, tubuhnya pun akan merasa lebih hangat dan nyaman.

2. Menghangatkan Tubuh Bayi.
Cara melegakan hidung tersumbat pada bayi Saat terkena flu atau pilek maka tubuh bayi akan cenderung rentan pada suhu atau cuaca yang dingin. Oleh sebab itu, pakaikan pakaian yang hangat dan nyaman juga dapat memberikan selimut ketika tidur. Di pagi hari, Anda dapat menjemurnya dibawah sinar matahari agar lendir yang menyumbat saluran pernafasannya dapat keluar. Hindari juga menggunakan AC atau kipas angin saat bayi sedang mengalami flu atau pilek.
Baca juga:
5 Tips Cara Mempercepat Tumbuh Gigi Bayi
5 Tips Merawat Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Hitam

3. Mengatur Posisi Tidur.
Selain dua cara di atas, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini juga dapat dilakukan untuk melancarkan pernafasan bayi yang tersumbat karena flu. Namun sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagian hidung mana yang tersumbat. Jika yang tersumbat hidung kanan, maka miringkan posisi tubuhnya ke bagian kiri. Atau yang tersumbat adalah hidung kiri, maka miringkan posisi tidurnya ke bagian kanan.

4. Memijat Hidung Bayi.
Saat melakukan cara ini, maka Anda harus sangat berhati-hati. Karena tulang hidung bayi masih sangat rawan dan mudah terluka jika tidak hati-hati. Untuk melegakan pernafasannya, maka cobalah untuk memijat bagian atas hidung bayi dengan sangat lembut dan perlahan juga berhati-hati. Anda juga dapat menggunakan minyak telon agar tidak melukai kulitnya.

5. Penguapan.
Sebagaimana cara mengatasi flu pada orang dewasa, ternyata meredakan flu pada bayi juga dapat menggunakan cara terapi uap ini. Caranya yakni menyiapkan air panas dalam sebuah wadah, kemudian teteskan beberapa tetes minyak telon. Setelah itu biarkan bayi menghirup uap tersebut dengan cara menggendongnya erat-erat dan dengan posisi tubuh seperti telungkup. Namun lakukan cara tersebut secara perlahan dan sebentar-sebentar.

Itulah cara mengatasi pilek hidung tersumbat pada bayi secara alami yang dapat dilakukan tanpa selalu mengandalkan berbagai macam obat-obatan medis. Jika memang setelah menggunakan cara tersebut flu tidak kunjung sembuh atau mengalami demam, barulah Anda dapat membawanya ke dokter anak untuk pengobatan secara intensif.
Baca juga:
5 Keju yang Baik Untuk Bayi
5 Minyak Telon Yang Bagus Untuk Bayi