search-button

Nov 17, 2016

5 Ciri-ciri Sariawan Usus

   
Advertisements
Ciri-ciri Sariawan Usus

Apotik Sehat – Untuk Anda yang kerap memiliki permasalahan pada pencernaan maka hendaknya lebih mewaspadai ciri-ciri sariawan usus berikut ini. Karena penyakit ini masuk pada kategori penyakit internis atau penyakit dalam, maka sudah tentu kondisinya sendiri tidak akan dapat dilihat oleh kasat mata.
Untuk mengetahuinya maka sudah tentu dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan di berbagai pusat kesehatan. Namun selain upaya tersebut, ada juga cara lain untuk mengetahui kondisi tersebut yakni dengan memperhatikan gejala sariawan usus. Sariawan usus sendiri merupakan sebuah kondisi luka pada bagian usus dalam sistem pencernaan.

Ciri-ciri dan Gejala Sariawan Usus

Salah satu penyebab sariawan usus adalah karena kurangnya pasokan kalsium pada organ pencernaan. Kondisi tersebut sebaiknya tidak dianggap enteng dan harus segera ditangani secara intensif. Lalu bagaimana mengetahui ciri-cirinya? Inilah ciri-ciri sariawan usus yang dapat kita ketahui bersama. 
  1. Perut Menjadi Sering Bunyi.
    Saat kita merasa lapar, maka biasanya perut akan mengeluarkan suara seperti gelembung namun tidak berlangsung lama. Namun pada sariawan usus, suara perut tersebut biasanya akan lebih sering terdengar. Hal tesebut diketahui karena kondisi asam lambung yang kian meningkat serta karena sistem pencernaan yang sedang tidak normal karena luka sariawan pada usus.
  2. Nyeri atau Kram Pada Perut.
    Kondisi kedua ini juga biasanya kerap dialami oleh mereka yang tengah mengalami sariawan usus. Rasa nyeri atau kram pada perut tersebut diketahui terjadi karena usus sedang tidak dapat bekerja dengan baik dan memiliki luka. Kelebihan asam lambung yang masuk kedalam usus juga diketahui merupakan salah satu hal yang memicu rasa nyeri dan kram pada perut.
  3. Nafsu Makan Menurun.
    Saat pencernaan mengalami permasalahan, maka sudah tentu nafsu makan pun secara otomatis akan ikut menurun. Terlebih saat usus mengalami luka dan asam lambung terus meningkat, maka perut hanya akan terasa mual dan perih. Dalam kondisi tersebut tentu saja tidak akan memiliki nafsu makan karna rasa mual dan perih yang dirasakan.
  4. Feses yang Tidak Teratur.
    Dalam kondisi usus yang luka maka feses atau kotoran sisa hasil pencernaan yang akan dibuang pun akan memiliki tekstur yang berubah-ubah. Feses biasanya akan menjadi sangat encer bahkan akan menjadi sangat padat. Pada beberapa kasus, biasanya pada feses juga akan terdapat darah hingga lendir/nanah serta mengalami diare dalam jangka waktu yang relatif lama.
  5. Daya Tahan Tubuh Menurun.
    Saat sistem pencernaan seseorang mengalami masalah atau luka, maka sudah tentu kondisi tubuh pun akan menurun. Penderita sariawan usus ini biasanya akan mengalami gejala seperti mudah lelah dan mudah lemas saat beraktifitas. Selain itu, penderita juga sering mengalami demam namun bukan demam tinggi.

Itulah ciri-ciri sariawan usus yang dapat diwaspadai bagi Anda yang kerap memiliki permasalahan pada pencernaan. Jangan pernah anggap enteng penyakit internis seperti contohnya sariawan usus ini, karena setiap penyakit dalam tidak akan dapat dilihat oleh kasat mata. Semoga informasi kesehatan terbaru di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: