search-button

Nov 5, 2016

5 Obat Flu Tulang Tradisional

   
Advertisements
Obat Flu Tulang Tradisional
Apotik SehatObat flu tulang tradisional yang akan coba kami referensikan berikut ini diharap dapat menjadi varian lain dalam mengatasi penyakit flu tulang. Karena memang dewasa ini sudah angat banyak metode penyembuhan flu tulang yang dapat dilakukan. Mulai dari menggunakan metode pengobatan medis modern hingga menggunakan pengobatan secara tradisional. Secara sederhana, Pengertian flu tulang atau yang dikenal juga dengan nama penyakit chikungunya memang merupakan jenis penyakit yang akan menyerang area persendian dan juga tulang. Penyebab flu tulang sendiri adalah karena gigitan nyamuk aedes aegypti yang sudah terkontaminasi oleh virus flu tulang. Tanda-tanda flu tulang setelah tergigit, maka tubuh penderitanya akan langsung mengalami beberapa gejala.

Obat Flu Tulang Tradisional

Gejala flu tulang diantaranya seperti demam, sakit kepala, nyeri sendi, sendi bengkak, tulang terasa sakit, mual-mual, ruam pada kulit, sakit punggung, dan tubuh selalu terasa lelah. Selain beristirahat secara total dan menggunakan pengobatan medis, cara mengobati penyakit flu tulang juga dapat menggunakan pengobatan secara tradisional. Inilah obat flu tulang tradisional yang dapat kita ketahui bersama.

1. Daun Sambiloto
Untuk membuat obat tradisional flu tulang dari daun sambiloto dapat menggunakan sekitar 10 lembar daun sambiloto segar. Cuci bersih daun sambiloto tersebut kemudian rebus dengan sekitar 3 gelas air dan biarkan hingga airnya menyusut menjadi 1 gelas. Dinginkan lalu minum air rebusan tersebut setiap hari pada pagi atau sore hari.

2. Daun Binahong
Salah satu obat flu tulang tradisional adalah dengan ramuan dari bahan daun Binahong. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu sekitar 15 lembar daun binahong segar, kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun binahong tadi dengan sekitar 3 gelas air dan didihkan hingga airnya menyusut menjadi 1 gelas. Dinginkan lalu minum air daun binahong tadi setiap hari. Jika terasa sangat pahit, maka dapat menggunakan madu hingga beberapa sendok.

3. Daun Pandan Wangi
Untuk membuat ramuan obat tradisional flu tulang dari daun pandan wangi ini, maka terdapat beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah :
  • Daun pandan wangi sebanyak 3 lembar
  • Madu alami asli sebanyak 2 sendok makan
  • Air bersih sebanyak 3 cangkir
Cara membuatnya, cuci terlebih dahulu daun pandan wangi hingga benar-benar bersih. Setelah itu, rebus daun pandan wangi dengan air dan biarkan mendidih hingga airnya menyusut tinggal segelas. Saring air rebusan dan campurkan dengan madu, minumlah hingga 3 kali sehari.

4. Kangkung
Selain sayuran, kangkung juga rupanya dapat membantu mengatasi penyakit flu tulang dengan dibuat menjadi ramuan tradisional. Adapun bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Daun kangkung sebanyak 1/3 gram
  • Batang kangkung sebanyak ¼ gram
  • Akar kangkung sebanyak ¼ gram
  • Madu sebanyak 1 sendok makan
  • Air bersih sebanyak ½ cangkir
Cara membuatnya adalah, cuci bersih terlebih dahulu seluruh bahan kangkung yang telah disiapkan tadi. Kemudian haluskan bahan-bahan tersebut dengan cara ditumbuk hingga lembut, campurkan dengan air dan madu lalu rebus hingga mendidih. Setelah matang, saring dan peras air rebusan tersebut lalu minum airnya hingga 3 kali sehari.

5. Obat Gosok
Selain obat tradisional yang diminum, ada juga obat tradisional untuk dogosokan pada baggian sendi atau tulang yang terasa nyeri dan ngilu. Untuk membuatnya Anda akan membutuhkan beberapa bahan seperti :
  • Kapur sirih sebanyak 1 sendok makan
  • Jeruk nipis sebanyak 1 buah
  • Minyak kayu putih secukupnya
Cara membuatnya adalah, peras terlebih dahulu jeruk nipis dan ambil air sarinya. Setelah itu campurkan dengan kapur sirih dan minyak kayu putih, barulah oleskan ramuan tersebut pada bagian-bagian sendi atau tulang yang nyeri atau ngilu karena flu tulang.

Itulah obat flu tulang tradisional yang dapat dicoba untuk membantu mengatasi penyakit flu tulang atau penyakit chikungunya. Selain obat-obatan medis, tentunya varian obat-obatan tradisional seperti di atas tadi pun akan sangat membantu mengatasi sebuah penyakit. Terlebih beragam obat tradisional pun tidak akan memberikan efek samping negatif pada tubuh.
Baca juga: