search-button

Nov 19, 2016

2 Penyebab Kuku Kaki dan Tangan Bergelombang

   
Advertisements
Penyebab Kuku Kaki dan Tangan Bergelombang
Apotik SehatPenyebab kuku kaki dan tangan bergelombang memang dapat dikatakan cukup beragam dan bermacam-macam. Namun kondisi tersebut sebaiknya diperhatikan dengan baik dan segera diatasi menggunakan cara yang tepat. Karena selain membuat penampilan kuku jadi tidak menarik, kondisi tersebut juga diketahui menandakan adanya penyakit dalam tubuh.

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa kuku adalah salah satu bagian tubuh yang tumbuh di bagian ujung-ujung jari. Kuku sendiri awalnya merupakan sel yang mirip dengan gel lembut kemudian mengeras dan terbentuk serta tumbuh pada bagian ujung-ujung jari. Dan bagian tubuh yang satu ini pun memiliki sederetan permasalahan jika tidak dirawat dengan baik yakni permukaan kuku tidak rata.

Penyebab Kuku Bergelombang

Kenapa kuku kaki dan tangan bergelombang? Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana permukaan kuku menjadi tidak rata atau bergelombang. Selain bergelombang, permukaan kuku tersebut juga biasanya akan terasa kasar. Hal tersebut tentu saja membuat penampilan kuku menjadi tidak indah dan tidak menarik.

Penyebab kuku bergelombang sendiri tentunya tidak terjadi begitu saja, namun biasanya disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda-beda. Gejala tersebut juga biasanya tidak disadari oleh banyak orang dan kerap diabaikan. Lalu, apakah penyebab dari kuku yang bergelombang? Inilah beberapa penyebab kuku kaki dan tangan bergelombang yang dapat kita ketahui bersama.

1. Penyebab Kuku Bergelombang Dari Luar
Permukaan kuku bergelombang tidak rata diketahui terjadi karena dua penyebab yang berbeda, yakni penyebab dari luar serta penyebab dari dalam. Dan untuk penyebab dari luar biasanya dikarenakan beberapa faktor seperti :
  • Cedera pada bagian kuku.
  • Penggunaan kosmetik kuku yang tidak tepat, khususnya penggunaan caat kuku.
  • Kesalahan ketika memotong kuku dan mengenai bagian kutikula kuku.
Dan pada intinya, penyebab kuku bergelombang dari luar adalah karena faktor kesalahan dalam perawatan kuku. Untuk itulah sebaiknya tidak melakukan perawatan kuku secara asal-asalan saja, khususnya bagi wanita yang kerap menggunakan beragam kosmetik kuku.
Baca juga:

2. Penyebab Kuku Bergelombang Dari Dalam
Selain penyebab dari luar, permukaan kuku yang bergelombang juga diketahui terjadi karena penyebab di dalam tubuh. Beberapa penyebab kuku bergelombang yang berasal dari dalam tubuh antara lain seperti :
  • Kekurangan nutrisi tertentu, khususnya nutrisi untuk kuku.
  • Infeksi dari bakteri, jamur, ataupun virus.
  • Peradangan pada kulit di area kuku atau psoriasis.
  • Hingga karena dampak yang berasal dari beragam penyakit dalam atau organ dalam tubuh.
Untuk penyebab dari dalam ini maka cara mengatasinya pun harus dilakukan dengan para ahli seperti dokter. Karena biasanya jika penyebab berasal dari dalam maka akan selalu berkaitan dengan penyakit yang ada di dalam tubuh. Sehingga cara mengatasinya pun tidak dapat disamakan dengan mengatasi kuku bergelombang yang disebabkan dari luar.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kuku kaki dan tangan bergelombang di atas tadi maka saat ini Anda dapat lebih waspada terhadap kondisi pada kuku Anda. Karena diketahui bahwa ternyata kondisi kuku juga dapat mencerminkan kondisi kesehatan dari tubuh kita. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: