search-button

Nov 21, 2016

Penyebab Sakit Tenggorokan Sampai ke Telinga

   
Advertisements
Penyebab Sakit Tenggorokan Sampai ke Telinga

Apotik Sehat – Ingin mengetahui penyebab sakit tenggorokan sampai ke telinga tentu saja tidak harus selalu ditanyakan pada para ahli seperti spesialis THT. Akan tetapi untuk sekedar mengetahui informasi mengenai berbagai penyebab sakit tenggorokan dapat ditemukan melalui beragam media online. Salah satunya seperti pada ulasan berikut ini.

Keluhan seperti sakit tenggorokan sebelah kiri sampai telinga memang umum dirasakan oleh hampir seluruh kalangan individu pada umumnya. Tidak hanya pada anak-anak saja, bahkan keluhan tersebut akan dialami oleh orang dewasa hingga mereka yang sudah lanjut usia. Dan diketahui bahwa penyebabnya sendiri berbeda-beda.

Penyebab Sakit Tenggorokan Sampai ke Telinga

Dalam istilah medis, keluhan tersebut biasanya disebut sebagai radang tenggorokan atau faringitis. Faringitis sendiri terbagi mejadi dua kategori yang berbeda yakni faringitis kronis dan akut. Untuk faringitis akut diketahui melalui gejala yang tiba-tiba atau mendadak serta berlangsung sangat cepat.

Sedangkan untuk faringitis kronis biasanya akan berlangsung dalam waktu yang relatif lama karena berkembang dengan cara perlahan. Penyebabnya sendiri diketahu antara infeksi virus namun pada beberapa kasus juga terjadi karena infeksi bakteri. Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa penyebab sakit tenggorokan sampai ke telinga yang dapat kita ketahui bersama.

1. Penyebab Sakit Tenggorokan Karena Infeksi Bakteri
Radang atau sakit tenggorokan juga diketahui dapat disebabkan oleh infeksi melalui bakteri. Kondisi tersebut biasanya tertular dari orang lain karena proses inhalasi yang terjadi dari sekresi pernafasan hingga karena faktor tetesan yang kemudian menguap di udara saat seseorang batuk ataupun bersin. Berikut ini adalah rincian penyebabnya :
  • Infeksi Bakteri Streptococcus - Bakteri ini diketahui dapat menyebar atau menular melalui kontak yang terjadi secara langsung ataupun tidak langsung. Contohnya seperti melalui barang-barang pribadi yang memiliki potensi paling besar untuk menularkan bakteri.
  • Infeksi Bakteri Corynebacterium Diphtheriae - Bakteri ini dapat menular melalui sekresi pernafasan. Bakteri tersebut juga merupakan salah satu penyebab utama difteri atau infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan di bagian atas. Penyebab lainnya yakni terjadi kontak langsung dengan barang pribadi dari penderita atau individu yang terinfeksi.
Baca juga:

2. Penyebab Sakit Tenggorokan Karena Infeksi Virus
Pada umumnya, radang tenggorokan sendiri biasanya paling sering disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi infeksi tersebut juga diketahui dapat menyebabkan pembesaran pada kelenjar getah bening yang ada di leher. Oleh sebab itulah selain sakit pada tenggorokan, pada beberapa kasus juga ada yang hingga menjalar ke telinga bagian dalam. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.
  1. Influenza - Influenza atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan flu in sebenarnya merupakan virus. Virus tersebut biasanya menular melalui sekresi pernapasan dari individu yang sudah terinfeksi. Saat seseorang terkena virus tersebut maka tidak menutup kemungkinan akan merasakan sakit tenggorokan, karena virus penyakit tersebut memang menyerang pada saluran pernapasan manusia.
  2. Pilek - Berbeda dengan flu atau influenza, pilek sendiri merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus seperti coronaviruses, rhinoviruses, hingga RSV. Sama seperti flu, pilek juga berpotensi memicu kondisi radang tenggorokan.
  3. Infeksi Mononucleosis - Infeksi ini diketahui merupakan faktor penyebab lain yang membuat tenggorokan terasa sakit. Infeksi tersebut juga diketahui disebabkan oleh virus seperti epstein barr. Dalam kondisi ini, penderitanya juga biasanya akan mengalami demam, pengembangan ruam, pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, malaise, hingga kehilangan nafsu makan selain sakit pada bagian tenggorokan.

Itulah beberapa penyebab sakit tenggorokan sampai ke telinga yang telah kita ketahui bersama. Kendati merupakan keluhan yang seing terjadi, namun sebaiknya radang tenggorokan ini jangan diabaikan hingga tidak diobati. Karena kondisi radang tenggorokan tersebut bisa saja menjadi lebih parah karena tidak segera ditangani secara intensif.
Baca juga: