search-button

Nov 29, 2016

4 Pantangan Makanan Infeksi Ginjal

   
Advertisements
Pantangan Makanan Infeksi Ginjal
Apotik Sehat – Mengetahui beragam pantangan makanan infeksi ginjal tentu saja merupakan perihal yang wajib diketahui oleh penderita penyakit tersebut. Karena diketahui makanan pun dapat menjadi salah satu faktor yang memicu penyakit infeksi ginjal tersebut menjadi semakin parah. Untuk itulah, sebaiknya tidak menyepelekan soal pantangan tersebut.

Setiap penyakit pada umumnya memang akan selalu memiliki pantangan yang berbeda-beda, tidak terkecuali pada penyakit seperti infeksi ginjal. Pielonefritis atau infeksi ginjal adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh perpindahan bakteri dari kandung kemih ke ginjal. Kondisi tersebut merupakan komplikasi dari infeksi di saluran kemih.

Pantangan Makanan Infeksi Ginjal

Penyebab utama dari infeksi saluran kemih yang kemudian menuju ginjal tersebut diketahui karena faktor kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, khususnya pada area genital. Adapun gejela umum yang biasanya akan dirasakan penderitanya antara lain seperti :
  1. Sering buang air kecil namun disertai oleh rasa sakit serta tidak nyaman.
  2. Merasakan sakit pada bagian perut samping hingga bagian punggung.
  3. Demam dan menggigil.
  4. Mudah lelah.
  5. Selera makan menurun.
  6. Mual hingga muntah.
  7. Diare.
Saat mengalami gejala tersebut maka ada baiknya untuk lebih waspada dan segera memeriksakan untuk mengetahui kondisinya, sehingga dapat diatasi secara intensif semenjak dini. Selain itu, sebaiknya perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi agar infeksi ginjal tidak menjadi semakin parah. Dan inilah pantangan makanan infeksi ginjal yang dapat kita ketahui bersama.
1. Makanan Dengan Protein Tinggi
Salah satu makanan yang wajib dihindari oleh penderita infeksi ginjal adalah jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Seperti contohnya daging merah, susu, telur, udang, hingga daging unggas atau protein hewani lainnya. Hal tersebut karena kadar protein hewani mengandung mineral yang memicu adanya batu ginjal.
2. Makanan yang Mengandung Kadar Garam Berlebih
Jenis makanan lain yang harus dihindari oleh penderita infeksi ginjal adalah beragam makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Khususnya makanan seperti asinan, makanan cepat saji, makanan kalengan, hingga makanan yang dibekukan atau di awetkan. Dengan mengurangi asupan kadar garam, maka kadar urin pun akan terbebas dari kandungan kalsium yang berpotensi menyebabkan batu ginjal.
Baca juga:

3. Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Oksalat
Pantangan makanan penyakit ginjal yang mengandung dua nutrisi tersebut harus dihindari karena jika kedua nutrisi tersebut bertemu dengan kalsium maka akan mengkistal dan menjadi batu ginjal. Sebaiknya membatasi mengkonsumsi makanan seperti biji-bijian, gandum, cokelat, strawberry, bayam, jeruk, dll. Memang akan lebih baik jika menghindarinya selama proses penyembuhan.
4. Makanan yang Mengandung Kalsium dan Kalium
Mengapa jenis makanan ini pun harus dihindari? Kadar kalsium yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan biasanya akan dibuang melalui ginjal dan bercampur dengan urin. Poin ini berkaitan dengan poin nomor 3 tadi, saat bertemu dengan nutrisi seperti vitamin C maka keduanya akan berpotensi membentuk kristal seperti batu ginjal. Oleh sebab itulah sebaiknya hindari makanan seperti alpukat, anggur, pisang, apel, buncis, kembang kol, dll.

Demikian di atas tadi adalah beberapa jenis pantangan makanan infeksi ginjal yang sebaiknya dihindari jika proses penyembuhan ingin berlangsung cepat. Jika tidak demikian, maka infeksi tersebut akan berpotensi memicu kondisi yang lebih parah seperti gagal ginjal. Tentunya siapapun tidak ingin menderita penyakit tersebut bukan? Semoga informasi kesehatan terbaru diatas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: