search-button

Dec 1, 2016

5 Pantangan Makanan Infeksi Paru-paru

   
Advertisements
Pantangan Makanan Infeksi Paru-paru
Apotik Sehat – Ingin mengetahui beragam pantangan makanan infeksi paru-paru tentu tidak harus selalu bertanya pada ahli medis seperti dokter. Saat ini, beragam informasi kesehatan sendiri sudah dapat ditemukan dengan mudah melalui berbagai media online. Tidak terkecuali untuk informasi yang berhubungan dengan penyakit infeksi paru-paru.

Penyakit infeksi paru-paru sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau virus yang menyerang bagian kantung udara pada paru-paru atau alveolus. Jenis penyakit ini diketahui tidak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan juga dapat menyerang anak-anak bahkan juga dapat terjadi pada bayi. Lalu makanan yang dilarang untuk penderita infeksi paru-paru?

Pantangan Makanan Infeksi Paru-paru

Penyakit seperti infeksi paru ini juga tentunya memiliki berbagai pantangan yang sebaiknya dihindari, khususnya dari beragam jenis makanan yang dikonsumsi. Karena beberapa jenis makanan tersebut diketahui dapat memperburuk kondisi infeksi yang terjadi di paru-paru. Lalu, apa saja pantangannya? Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan infeksi paru-paru.
1. Daging Kambing
Jenis makanan olahan daging kambing merupakan salah satu pantangan makanan bagi penderita infeksi paru-paru. Hal tersebut karena kandungan yang terdapat pada daging kambing berpotensi untuk membentuk zat nitrosamin, sehingga dapat memicu peradangan pada paru-paru dan memperburuk infeksi yang terjadi. Jika dibiarkan, kondisinya akan berubah menjadi radang paru-paru atau pneumonia.
2. Ikan Asin
Tidak berbeda jauh dengan daging kambing, ikan asin juga merupakan makanan yang memiliki kandungan zat nitrosamin tinggi. Untuk itulah jenis makanan ini juga masuk pada salah satu daftar pantangan makanan bagi penderita penyakit infeksi paru-paru. Karena zat nitrosamin tersebut dapat memperburuk kondisi infeksi dan berpotensi memicu terjadinya peradangan.
3. Terasi Merah
Satu lagi jenis makanan olahan yang harus dihindari oleh penderita penyakit infeksi paru-paru adalah sambal terasi merah ini. Hal tersebut dikarenakan terasi merah memiliki kandungan zat rhodamin B yang dapat memicu iritasi pada bagian saluran pernapasan. Jika masih dikonsumsi, zat tersebut berpotensi untuk memicu terjadinya perdangan di saluran pernapasan.
Baca juga:

4. Minuman Berbahaya
Dalam dunia kesehatan, tentu saja minuman berbahaya merupakan jenis minuman yang dilarang. Terlebih untuk penderita berbagai macam jenis penyakit seperti salah satunya infeksi paru-paru. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya hanya akan berpotensi untuk membuat zat seperti nitrosamin berkembang lebih cepat.
5. Junk Food atau Makanan Cepat Saji
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa jenis makanan seperti junk food atau beragam makanan cepat saji memang tidak baik untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut diketahui hanya akan membuat kondisi tubuh jauh dari kata sehat. Terlebih untuk penderita penyakit, salah satunya yakni pada penderita penyakit infeksi paru-paru.

Bagi yang terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut, tentunya akan merasa sulit untuk menghindarinya ketika terkena penyakit infeksi paru-paru. Namun sebaiknya pantangan makanan infeksi paru-paru tersebut harus dihindari jika ingin proses penyembuhan berlangsung cepat. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: