search-button

Sep 15, 2016

5 Penyebab Mata Panda

   
Advertisements
Penyebab Mata Panda

Apotik SehatPenyebab mata panda atau kantung mata hitam berikut ini memang merupakan faktor penyebab yang paling umum terjadi. Tidak hanya pada kalangan pria saja, namun keluhan seperti kantung mata ini juga kerap terjadi pada sebagian kalangan wanita. Khususnya mungkin mereka yang memiliki gaya dan pola hidup tak sehat.

Mata panda atau kantung mata ini memang merupakan kondisi dimana lingkar di area bawah mata berwarna kehitaman. Oleh sebab itu keluhan ini kerap disebut juga mata panda karena memang memiliki persamaan letak atau posisi serta warnanya. Dan jelas kondisi tersebut biasanya akan menjadi gangguan pada penampilan seseorang.

Penyebab Mata Panda

Jika berbicara soal penyebabnya, maka kondisi tersebut diketahui terjadi karena beberapa faktor penyebab. Sebelum Anda mengatasinya, maka ada baiknya dapat mengetahui terlebih dahulu penyebabnya agar dapat mengatasinya dengan mudah. Dan inilah penyebab mata panda atau kantung mata yang paling umum terjadi.
1. Kurang Tidur/Istirahat
Salah satu penyebab kantung mata hitam yang paling umum terjadi adalah kurangnya waktu istirahat atau terlalu sering begadang dan kurang tidur. Kurang tidur sendiri diketahui sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh karena memiliki banyak dampak negatif. Salah satunya yakni dapat membuat kulit lebih pucat termasuk pada area di bawah mata hingga menimbulkan kantung mata.
2. Faktor Genetik
Satu lagi faktor utama yang menyebabkan terdapatnya kantung mata atau mata panda ini adalah karena faktor genetik atau keturunan. Pada faktor genetik, kantung mata atau mata panda ini biasanya akan dipengaruhi oleh struktur tulang, bentuk wajah, hingga karena faktor penuaan. Dan biasanya kantung mata yang disebabkan oleh faktor ini akan terhitung sulit dihilangkan.
Baca juga:
3. Dehidrasi
Banyak kalangan yang tidak menyadari bahwa kantung mata atau mata panda sendiri juga sering disebabkan oleh faktor seperti dehidrasi. Saat tubuh kehilangan cairan, maak pembuluh darah pun akan meluas dan cenderung bengkak. Hal tersebut tentunya berlaku pada seluruh bagian tubuh, termasuk area di bawah mata. Maka dari itu selalu penuhilah kebutuhan mineral tubuh.
4. Kekurangan Vitamin
Saat tubuh kekurangan vitamin, maka banyak gejala yang akan terjadi pada tubuh. Salah satunya yakni terdapatnya kantung mata di sekitar area bawah mata. Kehilangan vitamin C, E, B, dan vitamin K diketahui dapat menyebabkan mata panda atau timbulnya kantung mata ini. Maka dari itulah penuhilah kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh setiap harinya melalui makanan sehat.
5. Alergi
Dan faktor penyebab umum lainnya yang juga sering memicu timbulnya mata panda atau kantung mata adalah karena alergi. Khususnya untuk alergi musiman seperti dari binatang, makanan, sari bunga, hingga karena alergi kosmetik. Saat pembuluh darah membesar di bagian kantung mata, maka kondisi tersebut akan membuat warna kulit berubah menjadi kehitaman.

Setelah mengetahui penyebab mata panda atau kantung mata yang umum terjadi tersebut maka Anda pun akan lebih mudah ketika akan mengatasinya. Sebelum diatasi menggunakan metode medis atau perawatan modern, maka hendaknya dapat mencoba terlebih dahulu metode alami seperti menggunakan es batu, mentimun, atau kantung teh celup.
Baca juga: