search-button

Sep 30, 2016

Cara Menghilangkan Uban Dengan Kemiri

   
Advertisements
Cara Menghilangkan Uban Dengan Kemiri
Apotik SehatCara menghilangkan uban dengan kemiri memang merupakan cara alami yang sudah dikenal semenjak zaman nenek moyang kita. Sebelum zaman berubah memiliki beragam teknologi modern seperti sekarang ini, dahulu para nenek moyang kita pun sudah melakukan beragam perawatan namun menggunakan bahan-bahan alami.

Mulai dari perawatan tubuh, perawatan muka, hingga perawatan rambut yang menggunakan macam-macam bahan alami. Akan tetapi sayangnya seiring dengan perkembangan zaman, banyak kalangan melupakan metode tradisional yang menjadi warisan dari nenek moyang kita tersebut. Lebih banyak kalangan yang saat ini lebih memilih menggunakan teknologi modern.

Cara Menghilangkan Uban Dengan Kemiri

Salah satunya ketika melakukan perawatan tubuh, wajah, hingga rambut. Contohnya ketika hendak menghilangkan uban pada rambut. Di era modern ini, sebagian besar kalangan mungkin akan lebih memilih melakukan cat rambut untuk menghilangkan uban dibandingkan dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami.

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa cara tersebut terhitung lebih efektif dan memberikan hasil yang instan atau cepat. Namun terkadang banyak kalangan yang tidak menyadari bahwa cara tersebut memiliki risiko tersendiri. Ya, karena sebagian besar produk cat rambut akan selalu memiliki senyawa kimia yang akan memberikan efek samping pada kulit kepala.

Berbeda dengan bahan alami yang dipastikan tidak akan memiliki senyawa kimia sehingga tidak akan menimbulkan beragam efek samping negatif. Salah satunya seperti menggunakan kemiri, karena bumbu dapur yang satu ini memang dikenal memiliki beragam manfaat untuk rambut. Dan ternyata, kemiri juga dapat digunakan untuk mengatasi uban di kepala.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan uban dengan kemiri? Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa ekstrak minyak kemiri memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut agar tumbuh lebih lebat dan hitam. Dan untuk megatasi rambut putih atau uban, maka Anda dapat menggunakan ekstrak minyak kemiri tersebut.
Namun di bandingkan dengan menggunakan minyak kemiri yang sudah banyak dijual di pasaran, tentu minyak kemiri yang dibuat sendiri akan lebih aman digunakan. Karena sebenarnya membuat minyak kemiri tersebut bukanlah perihal yang sulit dilakukan. Bagi Anda yang membutuhkan referensi, maka inilah cara membuat minyak kemiri alami.
Baca juga:

Cara Membuat Minyak Kemiri Alami Untuk Menghilangkan Uban

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu kemiri sebanyak 250 gram, cuci bersih kemiri kemudian haluskan dengan blender. Campurkan dengan sedikit air, namun jangan menghaluskan kemiri hingga benar-benar lembut.
  • Setelah hancur merata, campurkan kembali kemiri tersebut dengan sedikit air lalu peras dan saring dengan kain hingga bisa mendapatkan air sarinya. Lakukan seperti Anda membuat santan kelapa.
  • Setelah mendapatkan air sarinya, masak air sari kemiri tersebut pada wajan hingga mendidih dan menguap. Hal ini bertujuan agar air yang berada pada campuran kemiri tadi menguap dan Anda memperoleh ekstrak minyak dari kemiri tersebut.
  • Aduk terus cairan ekstrak tersebut hingga pada dasar wajan terdaapt kerak dan cairan berubah warna menjadi cokelat pekat karena yang tersisa adalah minyaknya saja. Namun cara ini biasanya akan membutuhkan waktu yang cuku lama, jadi Anda harus ekstra sabar dalam membuatnya.
  • Langkah terakhir, dinginkan minyak kemiri tersebut kemudian angkat bersama keraknya lalu peras dan saring untuk mendapatkan semua minyaknya. Langsung masukan ke dalam botol agar mudah ketika digunakan.

Cara Menghilangkan Uban dengan Minyak Kemiri Alam

  • Untuk menghilangkan uban dengan minyak kemiri alami yang Anda buat tadi, maka Anda hanya tinggal mengoleskan secara merata minyak kemiri alami tersebut pada seluruh permukaan rambut.
  • Berikan juga pijatan lembut pada kulit kepala agar kulit kepala mendapatkan stimulasi hingga dapat menumbuhkan rambut dengan subur.
  • Setelah itu, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah membersihkan rambut dengan cara keramas menggunakan shampo seperti biasa. Namun bilas dan bersihkan hingga minyak kemiri benar-benar bersih dari rambut dan kulit kepala Anda.
  • Untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan cara tersebut hingga 3 kali dalam seminggu. Dan sebaiknya cara tersebut dilakukan sebelum Anda membersihkan rambut atau keramas.

Sangat mudah bukan cara menghilangkan uban dengan kemiri di atas tadi? Metode alami ini memang bukanlah cara instan yang memberikan hasil dalam waktu singkat, namun jika dilakukan secara rutin dan teratur maka hasilnya akan memuaskan dan tentunya permanen. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat.
Baca juga: