search-button

Nov 1, 2016

Cara Mengobati Sariawan Dengan Garam

   
Advertisements
Cara Mengobati Sariawan Dengan Garam
Apotik Sehat – Cara mengobati sariawan dengan garam memang diketahui cukup efektif dan ampuh dalam mengatasi sariawan. Namun sayangnya, semakin banyak kalangan yang melupakan metode tradisional tersebut karena banyaknya produk obat untuk mengatasi sariawan yang ada saat ini.

Sariawan adalah salah satu penyakit mulut yang mungkin dapat dikatakan sudah sangat umum di alami oleh setiap kalangan pada umumnya. Penyebabnya sendiri adalah karena tubuh yang kekurangan vitamin C serta karena infeksi jamur candida albicans. Memang bukan merupakan penyakit yang menular, akan tetapi kondisi tersebut akan sangat menganggu.

Cara Mengobati Sariawan Dengan Garam

Adapun beberapa gejala sariawan yang umum terjadi antara lain seperti :
  • Rasa yang tidak nyaman pada bagian mulut.
  • Munculnya luka-luka kecil berwarna putih pada bagian dinding mulut dan juga bibir, bahkan sebagian kasus ada juga yang muncul di bagian lidah.
  • Merasakan sakit saat menelan makanan atau minuman.
  • Hingga merasa sensasi terbakar seperti panas dan pedih pada bagian lidah.
Selain karena kekurangan vitamin C dan juga karena infeksi bakteri, sariawan juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti kurangnya menjaga kebersihan pada mulut, penggunaan obat-obatan keras, sistem imun tubuh yang menurun, hingga karena penggunaan gigi palsu. Dan untuk mengatasinya memang dapat menggunakan beragam metode dan cara.

Cara mengobati sariawan secara alami diketahui salah satunya yakni menggunakan garam dapur. Selain menjadi bumbu masak, ternyata garam dapur juga memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan sariawan. Dan berikut ini adalah cara mengobati sariawan dengan garam yang mudah dan cepat.
  1. Langkah pertama adalah menyiapkan 1 gelas air hangat dan 1 sendok teh garam.
  2. Larutkan garam dan aduk hingga semuanya bercampur rata.
  3. Setelah itu, gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur dan fokuskan pada bagian yang terdapat banyak sariawan.

Sangat mudah bukan? Jika terasa perih maka tahanlah terlebih dahulu karena hal tersebut hanya akan bersifat sementara. Setelah beberapa menit, biasanya rasa perih tersebut akan hilang dan sariawan di mulut pun tidak akan terlalu terasa perih. Untuk hasil optimal, sebaiknya cara tersebut dilakukan pada malam hari saat akan tidur dan pagi hari saat baru bangun tidur.
Baca juga:

Selain cara tersebut, ada juga cara lain mengobati sariawan dengan garam dapur yang dapat dicoba. Yakni dengan mengoleskan langsung sedikit garam dapur pada bagian yang terdapat sariawan. Rasa perihnya akan lebih terasa dibandingkan dengan berkumur tadi, namun hasilnya biasanya akan lebih cepat terasa saat Anda menggunakan metode ini.

Jika ingin cepat sambuh, maka sebaiknya metode atau cara di atas tadi dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari hingga sariawan benar-benar hilang. Demikian di atas tadi adalah tips dan cara mengobati sariawan dengan garam yang dapat dicoba sebagai pengobatan alternatif. Semoga informasi kesehatan di atas tadi dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.
Baca juga: