search-button

Nov 26, 2016

4 Makanan Untuk Penderita Infeksi Lambung

   
Advertisements

Apotik Sehat – Jika bicara soal makanan untuk penderita infeksi lambung, maka sudah tentu setiap makanan yang dikonsumsi harus dijaga dan diperhatikan dengan sangat baik. Karena jika tidak demikian, alih-alih mendapatkan kesembuhan, justru hanya akan memperburuk kondisi infeksi yang terjadi pada bagian lambung tersebut.

Bagi penderita infeksi lambung atau yang dikenal juga dengan penyakit maag, makanan dapat menjadi penyembuh sekaligus dapat memicu kondisi yang lebih buruk lagi. Pasalnya sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa lambung merupakan tempat utama untuk mamproses setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan Untuk Penderita Infeksi Lambung

Dan saat disana terjadi infeksi, maka sudah tentu makanan yang dikonsumsi pun harus dijaga dan diperhatikan dengan sangat baik. Infeksi lambung sendiri merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada lapisan lambung karena faktor microorganisme, khususnya karena bakteri helycobacter pylori.

Dengan kondisi lapisan lambung yang rusak karena radang, maka sudah tentu makanan yang masuk tidak boleh sembarangan. Jika makanan yang dikonsummsi tidak diperhatikan dan sembarangan, maka infeksi luka yang terdapat pada lapisan lambung akan semakin parah. Agar penyakit tersebut tidak semakin parah, maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan untuk penderita infeksi lambung berikut ini.
1. Makanan yang Mengangung Omega 3
Beberapa jenis makanan seperti ikan sarden, salmon, dan tenggiri, diketahui sangat baik dikonsumsi oleh para penderita infeksi lambung. Hal tersebut karena pada jenis ikan tersebut kaya akan lemak omega 3 yang ternyata sangat baik dan akan membantu melindungi lapisan pada lambung. Dengan pencernaan yang terjaga, maka infeksi pun akan semakin cepat membaik.
2. Makanan yang Mengandung Antioksidan
Makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi juga diketahui dapat membantu mengurangi infeksi yang terjadi pada lapisan lambung. Bahkan makanan yang mengandung kadar antioksidan tinggi ini juga dapat membantu meredakan asam lambung pada sakit maag. Sebagian besr makanan yang banyak mengandung antioksidan tinggi biasanya terdapat pada buah dan sayuran seperti wortel, brokoli, kubis, kiwi, pepaya, dll.
3. Makanan yang Mengandung Asam Amino
Makanan dengan kandungan asam amino dan protein yang tinggi juga ternyata disarankan oleh sebagian besar ahli gizi bagi penderita infeksi lambung. Karena nutrisi tersebut diketahui dapat membantu menyembuhkan infeksi yang terjadi pada lapisan lambung. Contoh makanan yang dapat dikonsummsi yakni tempe yang diolah hanya dengan cara dikukus saja.
Baca juga:
4. Makanan yang Kaya Serat
Jenis makanan kaya serat memang sangat dianjurkan dikonsumsi jika ingin memiliki pencernaan yang lancar dan sehat. Tidak hanya bagi usus, ternyata makanan berserat tinggi pun sangat baik untuk lambung. Namun bagi yang tengah menderita infeksi lambung, sebaiknya mengkonsumsi makanan kaya serat yang lebih lunak agar mudah dicerna. Beberapa contohnya seperti gandum, nasi beras merah, atau nasi putih.

Itulah beberapa jenis makanan untuk penderita infeksi lambung yang tidak berbahaya unntuk dikonsumsi. Dengan memperhatikan asupan makanan yang tepat, maka kondisi infeksi yang terjadi pada lapisan dinding lambung pun akan lebih cepat sembuh. Memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi merupakan syarat wajib yang harus dilakukan oleh penderita penyakit ini.
Baca juga: