search-button

Nov 25, 2016

Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Kencing

   
Advertisements
Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Kencing

Apotik Sehat – Jika bicara soal makanan untuk penderita infeksi saluran kencing, maka sudah tentu akan selalu terdapat jenis makanan yang dianjurkan dan sebaiknya tidak dikonsumsi. Hal tersebut akan selalu berlaku pada berbagai macam jenis penyakit, tidak terkecuali untuk penyakit seperti infeksi saluran kencing. Jenis penyakit infeksi saluran kencing ini merupakan salah satu jenis penyakit yang umum di derita oleh berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang saluran kemih, yang pada umumnya disebabkan oleh bakteri hingga terjadi infeksi pada salurah kemih tersebut.

Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Kencing

Penyakit ini jelas tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena jika tidak diatasi secara intensif maka tidak menutup kemungkinan akan menyebar ke bagian tubuh lain seperti ginjal. Termasuk si penderita harus mengetahui makanan yang baik untuk penyakit infeksi saluran kencing. Penyakit ini juga biasanya tidak akan menunjukan gejala yang khusus, bahkan penderitanya terkadang tidak menyadari terkena penyakit tersebut. Adapun gejala yang dapat diwaspadai antara lain seperti :
  • Sering buang air kecil dalam jumlah kecil
  • Terkadang merasa panas saat buang air kecil
  • Kentung kemih bagian bawah terkadang terasa sakit saat buang air kecil
  • Warna urin tidak jernih melainkan akan terlihat keruh
  • Dalam kondisi yang parah, biasanya terdapat darah pada urin
Penyebab utama penyakit infeksi saluran kemih ini sebenarnya kurangnya kesadaran menjaga kebersihan pada area organ intim. Sehingga bakteri dapat masuk dengan mudah pada salurah uretra hingga menyebabkan infeksi. Dan hal tersebut biasanya kerap diabaikan oleh banyak penderita penyakit infeksi saluran kemih ini.
Mengatasi jenis penyakit ini tentu saja dapat dilakukan menggunakan macam-macam cara, salah satunya yakni dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena jenis penyakit ini juga tentunya memiliki pantangan dan juga anjuran. Dan berikut ini adalah beberapa contoh makanan untuk penderita infeksi saluran kencing yang wajib dikonsumsi.
Baca juga:

1. Konsumsi Mentimun
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa mentimun merupakan salah satu sayuran yang memiliki kadar mineral tinggi dan menjadi salah satu makanan yang baik untuk isk. Selain mineral, di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin C, serat, dan air. Dengan mengkonsumsi sayuran seperti mentimun, maka sirkulasi urin di saluran kemih pun dapat menjadi lebih lancar.
2. Konsumsi Tanaman Lidah Buaya
Lidah buaya memang diketahui memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh manusia, dan ternyata lidah buaya juga dapat membantu mengatasi infeksi yang terjadi pada salurah kemih. Hal tersebut diketahui karena tanaman lidah buaya ini mampu menetralisir toksin atau racun yang terdapat di dalam tubuh. Maka dari itu konsumsilah daging lidah buaya hingga 2 kali sehari, jika kurang suka maka dapat mencampurkannya dengan makanan lain.
3. Konsumsi Bawang Putih
Makanan lain yang juga wajib dikonsumsi untuk membantu mengatasi saluran kantung kemih adalah bawang putih ini. Bawang putih memang dikenal dapat mengatasi infeksi dan radang karena di dalamnya mengandung anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-jamur. Konsumsilah bawang putih minimal 3 hingga 4 siung perhari untuk meredakan infeksi di saluran kemih.

Selain beberapa jenis makanan untuk penderita infeksi saluran kencing di atas, ada juga jenis makanan lain yang wajib dikonsumsi seperti jahe, buah cranberry, hingga berbagai buah-buahan yang menganndung vitamin C tinggi. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumner referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: