search-button

Sep 27, 2016

Mencabut Bulu Hidung : Bahaya, Efek dan Akibat

   
Advertisements
Mencabut Bulu Hidung Bahaya, Efek dan Akibat

Apotik Sehat – Bahaya, efek dan akibat mencabut bulu hidung inilah yang wajib diketahui oleh Anda yang memiliki kebiasaan tersebut. Bagi sebagian kalangan, mencabut bulu hidung mungkin memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri dalam keseharian. Namun tahukah Anda? Bahwa kebiasaan tersebut tenyata memiliki efek samping dan bahaya tersendiri.

Mengapa demikian? Ya, karena pada dasarnya bulu hidung sendiri memang memiliki fungsi yang mungkin kerap diabaikan oleh banyak orang. Fungsi utamanya yakni sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam hidung. Karena setiap udara yang masuk tentu saja tidak selalu bersih dan mungkin memiliki kandungan patogen yang berbahaya bagi tubuh.

Bahaya, Efek dan Akibat Mencabut Bulu Hidung

Maka dari itulah saat dalam rongga hidung tesebut tidak terdapat saringan yakni bulu hidung, maka udara yang masuk pun tidak akan tersaring hingga akhirnya masuk pada rongga pernapasan bagian dalam. Selain itu, masih banyak efek samping negatif lainnya yang dapat dirasakan. Lengkapnya inilah risiko dari mencabut bulu hidung : bahaya, efek dan akibat.

1. Infeksi
Bahaya pertama yang dapat diketahui dari mencabut bulu hidung yakni terjadinya infeksi pada rongga hidung. Saat bulu hidung dicabut secara paksa maka akan terdapat rongga yang berpotensi memasukan beragam kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, terdapat kemungkinan juga terjadinya pendarahan yang dapat menyebabkan infeksi pada rongga tersebut.
2. Pendarahan Ringan
 Kondisi ini merupakan lanjutan dari efek atau akibat pada poin pertama tadi, infeksi yang terjadi karena pencbutan bulu hidung di atas memang berpotensi mengakibatkan pendarahan ringan. Darah yang keluar tersebut berasal dari rongga tempat bulu yang dicabut paksa sebelumnya. Kondisi tersebut juga akan menimbulkan rasa perih hingga akan terasa nyaman.
Baca juga:

3. Jerawat di Bagian Dalam Hidung
Mencabut bulu hidung secara paksa juga diketahui dapat menyebabkan timbulnya jerawat di dalam hidung. Hal tersebut tentu saja karena lubang tempat tumbuhnya bulu yang dicabut secara paksa akan dapat dimasuki oleh berbagai bakteri dengan mudah. Hingga akhirya menimbulkan jerawat yang juga berpotensi menyebabkan infeksi hingga beresiko terkena demam.
4. Perforasi Sepum
Salah satu bahaya lain dari mencabut bulu hidung secara paksa adalah terjadinya perforasi sepum atau kerusakan pada rongga hidung. Rongga bekas bulu hidung yang di cabut secara paksa biasanya akan mengalami luka, terdapatnya gumpalan dari cairan yang keluar, hingga terdapat bisul kecil yang membuat rongga hidung terasa tidak nyaman. Ciri lainnya dari perforasi sepum ini juga biasanya akan mengalami mimisan.
5. Infeksi Otak
Kondisi yang satu ini memang diketahui sangat jarang terjadi, namun bukan berarti tidak dapat terjadi. Pasalnya syaraf dan otot yang terdapat pada rongga hidung memang sangat berdekatan dengan otak. Selain itu, bakteri yang masuk karena tidak tersaring pada rongga hidung juga berpotensi lebih besar untuk memasuki pembuluh darah yang menuju otak.

Itulah risiko dari mencabut bulu hidung : bahaya, efek dan akibat yang akan dirasakan. Bagaimana, apakah Anda masih akan melakukan kebiasaan tersebut setelah mengetahui risiko, bahaya, dan efek serta akibatnya? Kebanyakan dari kita memang kerap mengalami gangguan kesehatan dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Maka dari itulah sebaiknya jalani pola hidup sehat jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.
Baca juga: