search-button

Sep 29, 2016

Penyebab & Cara Mengatasi Pikun Pada Usia Muda

   
Advertisements
Cara Mengatasi Pikun Pada Usia Muda
Apotik Sehat – Sebagian dari Anda mungkin ada yang masih kebingungan terhadap cara mengatasi pikun pada usia muda. Ya, karena keluhan seperti pikun atau pelupa memang tidak hanya dialami oleh mereka kalangan yang telah lanjut usia saja. Melainkan juga dapat dialami oleh mereka yang masih berusia muda.

Jika merasa masih muda namun sudah memiliki keluhan seperti pelupa atau bahkan pikun, maka dapat dipastikan bahwa terdapat permasalahan pada sistem memori otak Anda. Kondisi tersebut akan membuat Anda tidak dapat menyimpan beragam informasi dengan baik di otak Anda. Penyakit atau keluhan tersebut memang terhitung sulit dihilangkan.

Penyebab Pikun di Usia Muda

Terlebih jika kondisinnya sudah berlanjut hingga pada tahapan pikun. Penyebabnya sendiri diketahui cukup beragam dan bermacam-macam. Jika pada mereka yang sudah berusia lanjut, maka hal tersebut disebabkan oleh menurunnya fungsi otak. Namun penyebab pikun di usia muda, maka inilah beberapa faktor penyebab mudah lupa atau pikun yang dapat diketahui.

Depresi atau Stres Berlebihan - Faktor penyebab ini diketahui merupakan faktor penyebab utama seseorang yang masih muda mengalami mudah lupa atau pikun. Saat otak mengalami stres berlebihan, maka otak pun tidak akan dapat menyimpan beragam informasi dengan baik.

Malas Berpikir atau Mengasah Otak - Faktor penyebab lain yang dapat menyebabkan mudah lupa bahkan hingga pikun adalah karena malas untuk berpikir dan mengasah otak. Sama seperti organ tubuh lainnya, jika tidak dilatih dan tidak digunakan maka fungsi otak pun akan menurun. Saat malas berpikir, maka pada saat itu daya ingat seseorang pun akan terus menurun.

Kurang Tidur dan Beristirahat - Percaya atau tidak, bahwa kurang tidur dan beristirahat terutama pada malam hari dapat menurunkan fungsi otak dan menimbulkan stres berlebih. Karena saat beristirahat dan tidur di malam hari, maka otak akan menggabungkan beragam informasi sebagai memori dalam ingatan.

Kebiasaan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol - Dalam minuman beralkohol jelas terdapat banyak zat yang akan merugikan tubuh manusia. Saat seseorang kecanduan alkohol, maka fungsi memori otak pun akan ikut terganggu bahkan beresiko mengalami penyakit seperti demensia.

Dapat dipastikan bahwa setiap kalangan tidak ingin mengalami hal tersebut saat usia muda. Namun pada sebagian kalangan, terkadang ada juga yang mengabaikan hal tersebut karena kebiasaan dalam keseharian. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Bagi Anda yang membutuhkan referensi, maka inilah beberapa cara mengatasi pikun pada usia muda.
Baca juga:

Cara Mengatasi Pikun Pada Usia Muda

1. Memenuhi Waktu Istirahat.
Salah satu cara untuk mengatasi lupa atau pikun pada usia muda adalah membiasakan memenuhi waktu istirahat atau tidur terutama pada malam hari. Karena sebagaimana yang telah dijelaskan di atas tadi bahwa kurang tidur terutama pada malam hari memang akan menyebabkan fungsi memori otak akan menurun. Untuk itulah sebaiknya penuhi waktu tidur terutama pada malam hari dan hindari bergadang.
2. Terus Aktif dan Mengasah Otak.
Sama seperti organ tubuh lainnya, otak juga tentu saja membutuhkan rangsangan untuk dapat berfungssi dengan baik. Maka dari itu biasakanlah untuk tetap aktif berpikir dan mengasah otak menggunakan beragam cara. Beberapa contoh ringan yang dapat dilakukan seperti rutin membaca berita, mengisi TTS, hingga belajar atau bermain musik.
3. Mengorganisir Jadwal.
Jika Anda mengalami masalah pada ingatan atau sering lupa bahkan pikun, maka cobalah untuk membuat daftar kegiatan Anda secara terorganisir. Buatlah daftar kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya agar Anda tidak lupa. Dengan begitu, memori otak pun akan ikut terbantu untuk mengingat beragam aktivitas yang dilakukan dalam keseharian.
4. Bersosialisasi Dengan Baik.
Faktor penyebab stres dan depresi adalah kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar, sedangkan stres dan depresi sendiri merupakan faktor penyebab utama terganggunya memori otak yang berhubungan dengan ingatan. Namun jika Anda dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan baik, maka tingkat stres dan depresi pun akan lebih mudah menurun.

Sebenarnya penyakit atau keluhan seperti pelupa hingga pikun pada usia muda sebagian besarnya disebabkan oleh faktor gaya dan pola hidup yang tidak sehat. Dan cara di atas tadi diketahui merupakan cara mengatasi pikun pada usia muda yang efektif dan mudah dilakukan. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan membantu untuk Anda semua.
Baca juga: