search-button

Sep 17, 2016

Penyebab Kotoran Telinga Berwarna Hitam

   
Advertisements
Penyebab Kotoran Telinga Berwarna Hitam

Apotik Sehat – Dapat mengetahui penyebab kotoran telinga berwarna hitam tentu saja akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk kita semua. Pasalnya diketahui bahwa kondisi tersebut mungkin dapat dikatakan tidak normal. Karena pada umumnya, kotoran telinga yang tidak memiliki masalah biasanya akan berwarna kuning hingga kecokelatan bahkan sedikit kehitaman.

Kotoran telinga atau yang dikenal dalam istilah medis serumen, sebenarnya merupakan salah satu proteksi bagi lubang telinga sekaligus menjadi cairan pelumas atau lubrikasi agar lubang telinga tidak kering. Dengan adanya kotoran telinga, maka lubang telinga pun terlindung dari berbagai benda asing serta infeksi. Lalu kenapa kotoran telinga berwarna hitam?

Penyebab Kotoran Telinga Berwarna Hitam

Kebanyakan orang biasanya akan cenderung memasukan jari ketika telinga terasa gatal, atau menggunakan cotton swab untuk membersihkan kotoran di telinga. Padahal, hal tersebut diketahui hanya akan membuat kotoran telinga semakin menumpuk di dalam rongga telinga. Dan rasa gatal pada lubang telinga juga disebabkan oleh kotoran telinga yang menumpuk.

Kondisi tersebut diketahui merupakan salah satu proses menuju infeksi, yang jika dibiarkan maka akan menimbulkan beragam masalah lain seperti telinga berdenging yang disertai rasa sakit, dll. Karena idealnya, kotoran di lubang telinga tersebut sebaiknya dibersihkan minimal 2 hingga 3 minggu sekali dan jangan terlalu sering dilakukan.

Dan kotoran telinga yang menumpuk di dalam tersebutlah yang dikatakan serumen. Biasanya jika sudah terdapat serumen di dalam lubang telinga, maka Anda pun akan membutuhkan tenaga ahli seperti dokter umum atau dokter keluarga untuk mengeluarkan atau membersihkannya. Tingkatannya sendiri dapat dilihat dari warna kotoran telinga tersebut.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas tadi, bahwa warna kotoran telinga yang normal dan tidak bermasalah pada umumnya akan berwarna kuning, cokelat tua, hingga kehitaman. Lalu, bagaimana jika kotoran telinga tersebut berwarna hitam? Apa saja penyebab kotoran telinga berwarna hitam tersebut?

Kotoran telinga yang berwarna hitam tanpa disertai keluhan lain biasanya diketahui karena lubang telinga jarang dibersihkan. Sehingga kotoran telinga akan menumpuk menjadi serumen dan warnanya sudah tidak lagi cokelat tua melainkan menjadi hitam. Jika demikian, maka cara mengatasinya cukup dengan mengunjungi dokter umum untuk membersihkannya.
Baca juga:

Akan tetapi jika kotoran hitam tersebut disertai oleh keluhan lain seperti impaksi serumen, maka cara mengatasinya harus dengan bantuan ahli atau dokter THT yang merupakan dokter spesialis. Adapun beberapa ciri yang dapat diketahui saat mengalami keluhan impaksi serumen tersebut seperti :
  • Mengalami gangguan pendengaran atau kesulitan mendengar yang semakin memburuk setiap harinya
    Merasakan nyeri pada telinga
  • Telinga selalu berdenging
  • Merasakan gatal pada lubang telinga
  • Telinga terasa penuh
    Mengluarkan cairan berbau
  • Hingga merasa pusing seperti berputar
Telinga juga dapat dikatakan sebagai salah satu organ yang memiliki fungsi indera yang sangat penting, yakni untuk pendengaran. Jika tidak dirawat dan dijaga dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan jika fungsinya tidak lagi optimal sebagai indera pendengaran. Contohnya seperti terdapat serumen pada lubang telinga yang akan menjadi keluhan bagi pendengaran.

Itulah penyebab kotoran telinga berwarna hitam yang dapat dikatakan masih tidak berhaya jika tidak disertai keluhan lain. Jika tidak ingin terjadi berbagai keluhan pada pendengaran, maka sebaiknya rutin dan teratur membersihkan lubang telinga namun dengan cara yang tepat. Semoga informasi kesehatan telinga di atas dapat membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.
Baca juga: