search-button

Oct 19, 2016

3 Jenis Makanan Penyebab Pengapuran Tulang

   
Advertisements
Makanan Penyebab Pengapuran Tulang
Apotik Sehat – Ingin mengetahui macam-macam makanan penyebab pengapuran tulang maka Anda dapat menemukan jawabannya pada ulasan yang akan coba kami informasikan berikut ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengapuran tulang atau yang dalam istilah medis disebut Osteoarthritis berbeda dengan Osteoporosis atau pengoroposan tulang.

Osteoathritis sendiri merupakan pengapuran yang terjadi pada tulang dan juga sendi. Pada umumnya, hal tesebut biasanya dikarenakan adanya peradangan di bagian sendi pada bantalan ujung tulang. Sehingga lama kelamaan permukaan tulang dan sendi tersebut akan menipis hingga terjadi kerusakan yang memicu peradangan.

Makanan Penyebab Pengapuran Tulang

Kondisi kerusakan dan peradangan pada tulang dan sendi tersebut diketahui tidak akan mempu diperbaiki secara sempurna oleh tubuh manusia. Selain itu, penyebab pastinya sendiri hingga saat ini belum dapat diketahui. Namun memang terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan dan memang berpotensi menimbulkan pengapuran tulang dan sendi.

Faktor penyebab pertama yang dapat diketahui adalah karena faktor usia. Hal ini diketahui merupakan faktor penyebab umum yang dapat memicu Osteoarthritis. Selain itu, diketahui bahwa wanita juga memiliki prosentase yang lebih besar terkena penyakit Osteoarthritis ini. Namun memang belum terdapat penjelasan pastinya terkait hal tersebut.

Selain usia, faktor pemicu osteoarthritis lain yang juga memiliki prosentase kemungkinan yang tinggi adalah pekerjaan seseorang. Pekerjaan yang berat atau pekerjaan yang membutuhkan gerakan berulang-ulang dalam jangka panjang memang dapat memicu timbulnya pengapuran tulang dan sendi.

Selain dua faktor tersebut, diketahui bahwa makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit pengapuran tulang dan sendi atau osteoarthritis ini. Salah satunya seperti kondisi obesitas pada tubuh, dengan bobot tubuh yang berlebihan maka lama kelamaan tulang yang menopang tubuh pun akan mengalami kerusakan karena harus menopang bobot tubuh.

Maka dari itulah mengapa sebaiknya asupan makanan pun dibatasi agar tidak menyebabkan obesitas. Sebenarnya jika dari sisi makanan, memang pada dasarnya tidak terdapat penyebab pasti yang memicu kondisi pengapuran tulang dan sendi. Namun lebih mengacu pada kondisi obesitas, dan inilah beberapa jenis makanan penyebab pengapuran tulang yang harus dihindari.
Baca juga :

1. Karbohidrat Olahan.
Contoh makanan karbohidrat olahan seperti tepung yang juga diperkaya gula dapat menjadi sumber kalori bagi tubuh. Namun jeins makanan tersebut biasanya tidak akan memiliki nutrisi dan hanya akan menyebabkan berat badan meningkat.
Selain itu, sumber karbohidrat olahan tersebut juga memiliki efek samping negatif pada gula darah, energi, nafsu makan, dan suasana hati. Maka dari itulah sebaiknya hindari jenis makanan yang mengandung karbohidrat olahan, bumbu olahan, hingga jenis makanan cepat saji.

2. Daging dan Telur.
Selain karbohidrat olahan, daging dan telur juga diketahui wajib dihindari jika tidak ingin terkena osteoarthritis. Pasalnya daging dan telur sendiri memiliki kandungan asam lemak omega-6, yang jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menyebabkan nyeri rematik dan peradangan. Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi daging ikan salmon, unggas tanpa lemak, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

3. Kandungan Lemak Trans.
Makanan yang mengandung lemak trans ini juga wajib dihindari, pasalnya kandungan lemak trans ini diketahui dapat memicu kadar kolesterol yang buruk. Selain itu, dampak negatif lainnya yang dapat diketahui adalah dapat memicu terjadinya peradangan, termasuk pada daerah sendi. Cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dan mengihndari berbagai macam jenis makanan yang mengandung lemak trans seperti contohnya makanan ringan.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab pengapuran tulang dan sendi atu ostearthritis yang telah kita ketahui bersama. Siapapun termasuk Anda tentu tidak ingin terkena jenis penyakit tersebut bukan? Maka dari itullah sebaiknya ubahlah pola makan Anda menjadi pola makan yang lebih sehat.
Baca juga :