search-button

Oct 8, 2016

5 Bahaya Membunyikan Tulang Leher

   
Advertisements
Bahaya Membunyikan Tulang Leher
Apotik Sehat – Bahaya membunyikan tulang leher berikut ini mungkin tidak selalu diketahui oleh setiap kalangan pada umumnya. Biasanya, kebanyakan kalangan akan membunyikan tulang leher mereka saat merasa penat dan lelah. Namun tahukah Anda? Bahwa sebenarnya hal tersebut memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa cara tersebut dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih rileks saat tubuh tengah merasa lelah atau penat. Kendati memberikan rasa nikmat tersendiri, namun sebenarnya cara tersebut tidak dibenarkan oleh pihak medis. Karena dengan melakukan kebiasaan tersebut berpotensi menimbulkan beragam penyakit, khususnya di bagian persendian.

Bahaya Membunyikan Tulang Leher

Menghilangkan atau menghentikan sebuah kebiasaan memang dapat dikatakan tidaklah mudah. Namun menghentikan kebiasaan seperti membunyikan tulang leher atau bagian tulang lain sebaiknya segera dilakukan jika tidak ingin mengalami permasalahan lain. Bagi Anda yang belum mengetahui dampaknya, maka inilah bahaya membunyikan tulang leher.

1. Memicu Penyakit Persendian
Salah satu efek membunyikan tulang leher yang mungkin terjadi jika sering membunyikan tulang leher dalam jangka panjang yakni akan mengalami saraf terjepit. Pasalnya saat tulang dibunyikan maka cara tersebut sama dengan memaksa tulang berubah dari posisi awalnya. Dengan begitu, kemungkinan saraf terjepit oleh bagian tulang leher dan ekor akan semakin besar.
2. Menghilangkan Kontrol Pada Persendian
Salah satu bahaya lainnya dari kebiasaan membunyikan tulang pada bagian leher adalah hilangnya kontrol dari otak pada organ-organ tertentu. Dalam kondisi tersebut, saat otak tidak mampu memberikan perintah pada seluruh bagian tubuh maka bagian persendian pun biasanya tidak akan dapat digerakan dan kaku. Tidak terkecuali pada bagian persendian leher.
Baca juga :

3. Tulang Rawan Menjadi Rapuh
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa saat membunyikan tulang leher atau bagian tulang lain maka akan terdengar suara "kreekk". Kondisi tersebut diketahui karena pergesekan otot dengan bagian permukaan. Selain itu, saat dibunyikan maka bagian persendian biasanya akan mengeluarkan cairan sinovial yang pada nantinya akan berubah dan menguap menjadi udara. Dampak membunyikan tulang leher yang dilakukan terus menerus, maka hal tesebut akan membuat tulang rawan menjadi rapuh.
4. Bantalan Sendi Tulang Bagian Belakang Bergeser
Akibat sering membunyikan tulang leher juga diketahui beresiko menekan bagian sumsum tulang belakang dan juga syaraf perifer hingga keluar dari porosnya. Saat kondisi tersebut terjadi, maka bantalaan sendi pada tulang belakang pun akan bergeser. Pasalya posisi tulang leher dengan tulang belakang pun masuh satu poros sehingga sangat rentan terjadi.
5. Persendian Menjadi Aus
Bahaya lain yang juga akan dirasakan saat membunyikan tulang leher atau bagian tulang lainnya yakni akan membuat persendian menjadi aus. Jika kebiasaan tersebut dilakukan dalam jangka panjang, maka berpotensi memicu penyakit seperti radang pada bagian persendian atau yang dalam istilah medis disebut osteoarthritis di kemudian hari.

Bagaimana, apakah setelah mengetahui bahaya membunyikan tulang leher di atas tadi Anda masih ingin melakukan kebiasaan tersebut? Jika Anda perduli dengan kesehatan tubuh Anda, maka langkah yang ppaling bijak adalah mulai membiasakan menghilangkan kebiasaan tersebut sedini mungkin. Walaupun sulit, namun jika dibiasakan maka lama-kelamaan akan mulai terbiasa.
Baca juga :