search-button

Oct 21, 2016

5 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

   
Advertisements
Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Apotik Sehat – Untuk mendapatkan nutrisi terbaik maka makanan yang baik untuk ibu hamil 4 bulan berikut ini tentunya wajib di konsumsi. Seorang ibu hamil memang harus mendapatkan asupan nutrisi dua kali lebih banyak dari biasanya. Karena nutrisi tersebut tidak hanya untuk ibu, melainkan juga untuk janin yang berada di dalam kandungan.

Sebagian besar nutrisi yang diperoleh oleh ibu hamil memang berasal dari makanan. Dan nutrisi tersebut memang memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Untuk itulah mengapa sebaiknya makanan yang di konsumi oleh ibu hamil hendaknya tidak sembarangan.

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Terlebih jika mengingat bahwa pada masa usia 4 bulan, janin mulai akan memasuki pembentukan organ yang semakin sempurna. Sehingga selain asupan nutrisi melalui makanan, ibu juga harus menjaga kondisi janin dengan menghindari beragam makanan yang berbahaya. Untuk ibu yang membutuhkan referensi, maka inilah makanan yang baik untuk ibu hamil 4 bulan.
1. Makanan Berserat Tinggi.
Untuk menghindari masalah seperti sembelit, maka ibu yang tengah mengandung 4 bulan sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan berserat. Karena jenis makanan berserat sendiri memang akan membantu melancarkan pencernaan dan membuat usus lebih sehat. Kandungan serat tersebut dapat diperoleh melalui beras merah, oat, roti gandum, sayuran, dan buah.
2. Makanan Dengan Kandungan Zat Besi Tinggi.
Makanan dengan kandungan zat besi tinggi juga diketahui sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.  Selain untuk pertumbuhan janin, makanan yang mengandung zat besi tinggi ini akan membantu ibu terhindar dari anemia. Pasalnya saat ibu hamil terkena anemia, maka hal tersebut berpotensi membuat janin mengalami kecacatan di dalam kandungan. Kandungan zat besi tinggi dapat diperoleh dari beberapa makanan seperti bayam, hati, kacan polong, kedelai, dll.
Baca juga:
3. Makanan Dengan Kandungan Asam Lemak Esensial Tinggi.
Kandungan asam lemak esensial tinggi ini diketahui akan membantu untuk mencegah kondisi kelahiran prematur, memiliki berat badan yang rendah, hingga kondisi gangguan kognitif. Makanan yang mengandung asam lemak esensial tinggi juga diketahui memiliki kandungan omega 3, 6, dan 9 yang sangat tinggi. Beberapa contohnya seperti ikan nila, salmon, sarden, kod, udang, kepiting, dll.
4. Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi.
Selain beberapa nutrisi di atas, makanan dengan kandungan protein tinggi pun diketahui sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Beberapa jenis makanan dengan kandungan protein tinggi yang wajib dikonsumsi antara lain seperti telur, susu, dan daging. Namun untuk telur dan daging, sebaiknya dimasak hingga benar-benar matang agar tidak mengandung bakteri yang berbahaya bagi janin.
5. Makanan Dengan Kandungan Kalsium Tinggi.
Kalsium juga diketahui sangat dibutuhkan oleh ibu yang tengah mengandung 4 bulan. Kalsium ini sangat dibutuhkan untuk membantu menguatkan tulang ibu agar tidak keropos dan membantu pembentukan tulang yang sempurna pada janin. Selain dari susu, kalsium yang tinggi pun dapat diperoleh melalui keju dan juga sayur-sayuran berdaun hijau.

Itulah makanan yang baik untuk ibu hamil 4 bulan yang sebaiknya rutin dan teratur di konsumsi. Karena terkadang, sebagian ibu ada yang hanya mementingkan kuantitas makanan yang dikonsumsi dibandingkan dengan kualitas nutrisi yang dikandungnya. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat serta membantu.
Baca juga: