search-button

Oct 18, 2016

5 Makanan yang Mudah Dicerna Usus

   
Advertisements
Makanan yang Mudah Dicerna Usus
Apotik Sehat – Jika bicara soal makanan yang mudah dicerna usus, maka sudah tentu hingga saat ini terdapat cukup banyak jenis makanan yang tidak membahayakan usus. Tidak membahayakan karena memang jenis makanan tersebut memang mudah dicerna. Dengan begitu, kesehatan usus pun dapat terjaga serta tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Jika di nilai dari rasa, tentunya sudah sangat banyak jenis makanan yang memiliki citarasa yang sangat lezat. Namun jika di nilai dari sisi kesehatan, mungkin tidak semua makanan bercitarasa lezat tersebut sehat untuk di konsumsi. Untuk itulah pintar dan bijaklah dalam memilih beragam jenis makanan yang di konsumsi dalam keseharian.

Makanan yang Mudah Dicerna Usus

Karena hal tersebut akan membantu menjaga kesehatan usus serta meminimalisir tubuh terkena beragam penyakit. Salah satunya yakni mengkonsumsi makanan sehat yang mudah dicerna oleh usus. Ingin tahu macam-macam jenis makanan tersebut? Inilah beberapa jenis makanan yang mudah dicerna usus yang dapat kita ketahui bersama.

1. Daging Ayam dan Ikan.
Daging ayam atau ikan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber protein yang dapat di konsumsi dalam keseharian. Daging ayam tanpa kulit yang telah dimasak memang diketahui lebih mudah dicerna oleh tubuh. Begitu juga dengan ikan, selain memiliki kandugan omega 3 yang tinggi dan rendah lemak, juga mudah di cerna oleh usus.
2. Pisang.
Selain mudah di dapat, pisang juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya yakni untuk pencernaan. Teksturnya yang lembut memang membuah buah-buahan ini lebih mudah dicerna dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Selain itu, kandungan enzim yang terdapat pada buah pisang ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan.
Baca juga:
6 Pantangan Makanan Infeksi Kelenjar Getah Bening
5 Makanan Sehat Untuk Penderita Pengapuran Tulang
5 Jenis Sayuran Untuk Bayi 6 Bulan
3. Agar-Agar.
Agar-agar tanpa warna serta tanpa biang gula atau sakarin pun banyak dianjurkan oleh pakar medis untuk melancarkan pencernaan. Teksturnya yang sangat lembut dan lunak membuat jenis kudapan ini menjadi salah satu makanan yang mudah dicerna usus. Sehingga usus pun dapat lebih sehat karena tidak perlu bekerja sangat keras untuk mencerna jenis makanan ini.
4. Yoghurt Probiotik.
Jika berbicara soal makanan sehat, maka sudah tentu yoghurt juga wajib masuk dalam daftar makanan sehat yang akan di konsumsi. Banyak kalangan yang terkadang salah pengertian dengan tidak mengkonsumsi makanan ini saat memiliki masalah pencernaan hanya karena rasanya yang cenderung asam. Namun nyatanya, makanan yang mudah dicerna usus memiliki kandungan bakteri baik yang justru akan melancarkan sistem pencernaan tubuh dan membantu menjaga kesehatan usus.
5. Kedelai.
Baik kedelai atau makanan olahan yang berasal dari kedelai diketahui lebih mudah dicerna oleh usus. Selain itu, kedelai juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh seperti lemak botani essensial dan kolesterol kompleks. Dua nutsiri tersebut memang dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan untuk pencernaan.

Pada dasarnya, setiap kebutuhan nutrisi yang diperoleh melalui makanan yang di konsumsi setiap harinya memang harus seimbang. Namun usahakanlah untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna usus agar pencernaan tidak mengalami beragam gangguan. Dengan begitu, kesehatan pada keseluruhan tubuh pun dapat terjaga dengan baik.
Baca juga: