search-button

Oct 12, 2016

"Apakah Lipoma Berbahaya?" Ketahui Penjelasannya

   
Advertisements
Apakah Lipoma Berbahaya
Aptik Sehat - Jika sebagian Anda ada yang memiliki pertanyaan seperti "apakah lipoma berbahaya?", maka terdapat dua jawaban yang dapat diketahui. Pasalnya terdapat beberapa faktor yang juga menentukan bahaya atau tidaknya lipoma yang terdaapt pada tubuh. Ingin tahu jawabannya? Silahkan simak dan ikuti terus ulasan berikut ini.

Lipoma adalah penyakit yang membentuk sebuah benjolan lemak yang biasanya akan tumbuh dan membesar namun dalam jangka waktu yang lambat/lama. Benjolan lemak tersebut diketahui berada di antara lapisan otot dan kulit. Lipoma ini juga memiliki tekstur yang lunak serta dapat begeser dan bergerak ketika ditekan oleh jari tangan.

Apakah Lipoma Berbahaya Atau Tidak?

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa benjolan tersebut adalah sebuah lipoma atau gumpalan lemak yang terjadi pada jaringan kulit? Untuk mengetahuinya, maka Anda pun dapat mengenal terlebih dahulu gejala-gejala yang menunjukan bahwa sebuah benjolan yang ada di tubuh adalah lipoma. Berikut ini adalah beberapa gejala dan ciri lipoma yang dapat diketahui.
  • Benjolan lemak atau lipoma ini biasanya akan memiliki diameter kurang dari kisaran 5 cm. Akan tetapi, ukuran lipoma ini pun masih dapat membesar, pasalnya lipoma memang dapat tumbuh.
  • Teksturnya sendiri biasanya akan terasa lunak/lembek serta akan mudah bergerak dan bergeser ketika di tekan oleh jari.
  • Bagian tubuh yang biasanya ditumbuhi oleh lipoma antara lain seperti di area paha, punggung, leher, bahu, lengan, hingga di bagian perut.
  • Lipoma sendiri biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, jika benjolan tumbuh semakin besar pada area tertentu hingga menekan syaraf atau di bagian tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah, maka lipoma juga dapat menimbulkan rasa sakit.
Baca juga :

Kondisi benjolan lemak ini tentu saja bukan terjadi tanpa sebab, karena lipoma ini juga diketahui tumbuh karena beberapa sebab. Diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan risiko terkena lipoma. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang menjadi penyebab lipoma.
  • Faktor genetik, faktor ini biasanya memiliki prosentase yang besar terhadap timbulnya lipoma di tubuh.
  • Faktor penyakit tertentu, seperti sindrom gardner, sindrom cowden, serta adiposis dolorosa.
  • Dan yang terakhir adalah faktor usia, karena pada umumnya benjolam lemak seperti lipoma ini mudah menyerang mereka yang sudah memiliki kisaran usia antara 40 hingga 60 tahun.
Sehingga jika ditanya "apakah lipoma berbahaya?", maka jawabannya antara Ya dan Tidak. Mengapa demikian? Dikatakan tidak berbahaya karena benjolan lemak ini diketahui tidak bersifat kanker, bahkan tidak membutuhkan perawatan khusus. Sedangkan sisi bahayanya adalah saat lipoma tumbuh di area tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah atau hingga menekan syaraf tertentu, maka lipoma ini akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Jika sudah demikian, maka sudah tentu benjolan lemak atau lipoma ini harus mendapatkan perawatan intensif dan berlanjut. Sedangkan cara mengatasinya adalah melalui tahap pembedahan/operasi agar benjolan lemak atau lipoma ini tidak tumbuh kembali. Atau dapat juga dengan melakukan sedot lemak menggunakan jarum khusus, akan tetapi sebaiknya jika sudah paham dan mengerti caranya agar tidak berbahaya.

Melalui ulasan di atas, maka dapat di tarik kesimpulan dari pertanyaan seperti "apakah lipoma berbahaya?" di atas tadi. Bahwa lipoma memang tidak berbahaya selama tidak mengganggu dan tidak menimbulkan rasa sakit. Karena lipoma sendiri bukan merupakan jaringan kanker atau kista yang jelas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Baca juga :