search-button

Oct 14, 2016

5 Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi Usia 8 Bulan

   
Advertisements
Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi 8 Bulan

Apotik SehatCara mengatasi sariawan pada bayi 8 bulan mungkin tidak akan selalu diketahui oleh setiap kalangan ibu pada umumnya. Bagi mereka yang baru saja menjadi seorang ibu, maka kondisi tersebut tak jarang membuat mereka merasa bingung. Pasalnya sudah tentu cara pengobatannya akan berbeda dengan mengobati sariawan pada anak-anak atau orang dewasa.

Pada umumnya, kondisi seperti sariawan memang dapat terjadi pada siapa saja. Tidak hanya dapat terjadi pada kalangan orang dewasa dan anak-anak saja, melainkan juga dapat terjadi pada bayi yang masih memiliki usia dalam hitungan bulan. Walaupun sebenarnya jarang terjadi pada bayi dengan usia dibawah 10 bulan, namun bukan berarti tidak dapat terkena sariawan.

Cara Mengatasi Sariawan Pada Bayi 8 Bulan

Penyebab sariawan pada bayi dengan kisaran usia dibawah 10 bulan memang belum dapat diketahui secara pasti. Namun memang terdapat beberapa hal yang dapat memicu timbulnya sariawan pada mulut bayi. Beberapa diantaranya adalah  :
  • Trauma karena gigitan pada lidah atau bagian dalam bibir, karena biasanya bekas gigitan pun dapat memicu timbulnya sariawan pada mulut
  • Infeksi virus dan bakteri seperti jamur candida
  • Alergi dari makanan
  • Kekurangan jenis vitamin tertentu
  • Faktor keturunan
Kondisi sariawan pada bayi tersebut tentu saja sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja, karena kita semua juga sudah mengetahui bahwa sariawan yang terdapat di mulut akan menimbulkan rasa perih. Begitupun pada bayi Anda. Kendati tidak terdapat obat khusus untuk sariawan bayi, namun Anda dapat mengikuti beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi 8 bulan berikut ini.

1. Kompres Dengan Es Batu
Walaupun besar kemungkinan bayi Anda akan menolak ketika sariawannya di kompres dengan es batu, namun cobalah cara yang satu ini. Karena suhu dingin dari es batu akan membantu menghilangkan rasa perih pada sariawan. Rasa perih tersebut akan hilang karena mati rasa yang ditimbulkan oleh suhu dingin dari es batu.
2. Menggunakan Larutan Alami
Selain es batu, masih terdapat cara lainnya yang juga dapat membantu mengatasi sariawan pada bayi dengan usia di bawah 10 bulan. Caranya yakni membuat larutan yang terdiri dari air, garam, serta soda kue.
Campurkan semua bahan tersebut hingga larut kemudian gunakan cotton bud atau kapas untuk dicelupkan pada larutan tersebut. Terakhir, tempelkan kapas tersebut pada bagian sariawan yang terdapat pada mulut bayi Anda. Lakukan 3 hingga 4 kali dalam sehari.
Baca juga :
3. Memberikan Makanan yang Bertekstur Lembut
Agar bayi Anda mendapatkan asupan makanan, maka cobalah untuk memberikan makanan dengan tekstur yang lebih lembut. Karena saat sariawan, biasanya bayi akan menolak untuk diberi makanan. Selain makanan bertekstur lembut, cobalah juga memberikan makanan yang dingin agar tidak memicu rasa perih di mulut.
4. Perhatikan Asupan ASI untuk Bayi
Karena bayi tidak dapat mengkonsumsi obat atau multivitamin, maka hendaknya asupan ASI lebih diperhatikan. Sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung probiotik tinggi seperti contohnya yoghurt. Dengan begitu, bayi Anda pun akan mendapatkan asupan probiotik yang dapat menghentikan bakteri.
5. Menggunakan Cream Tradisional
Penggunaan krim tradisional ini ditujukan untuk membunuh jamur candida pada saat bayi sedang menyusui. Bagian tersebut merupakan bagian yang terhubung langsung dengan mulut bayi dan menjadi pemicu utama menularkan bakteri tersebut. Krim tradisional yang dapat dioleskan pada bagian tersebut adalah minyak kelapa, karena minyak kelapa sendiri diyakini mampu membunuh bakteri seperti jamur candida tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi 8 bulan yang dapat ibu coba. Tidak perlu langsung pergi ke dokter selama Anda masih dapat menanganinya sendiri. Terlebih jika mengingat, bahwa sariawan sendiri biasanya akan sembuh dalam rentang waktu paling cepat 7 hingga 21 hari. Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.
Baca juga :