search-button

Oct 13, 2016

3 Jenis Vitamin Tulang dan Sendi yang Baik

   
Advertisements
Vitamin Tulang dan Sendi
Apotik Sehat – Mengkonsumsi beragam vitamin tulang dan sendi tentunya tidak hanya berlaku untuk kalangan yang sudah berusia lanjut saja. Akan tetapi bagi Anda yang masih berusia muda pun sebaiknya memenuhi asupan vitamin untuk tulang dan sendi tersebut semenjak dini. Dengan begitu, saat memasuki usia senja nanti, Anda akan terhindar dari berbagai keluhan penyakit tulang dan sendi.

Seperti beberapa keluhan penyakit tulang yang sudah umum di kalangan masyarakat diantaranya adalah Osteoporosis (pengeroposan tulang), Osteoarthritis (pengapuran tulang), hingga Osteomielitis (infeksi tulang). Jika sudah terkena beberapa keluhan penyakit tersebut, maka dipastikan akan lebih sulit untuk mengobatinya.

Vitamin Tulang dan Sendi

Untuk itulah dibandingkan dengan mengobati kondisi penyakit tersebut karena akan lebih merepotkan dan membutuhkan biaya yang cukup besar, tentunya lebih baik menjaga kesehatan tulang dan sendi sedini mungkin. Salah satunya yakni dengan memenuhi asupan vitamin untuk tulang dan sendi melalui beragam jenis makanan.

Dengan memenuhi asupan vitamin untuk tulang dan sendi, maka setiap kebutuhan nutrisi pada tulang pun dapat terpenuhi setiap harinya. Lalu, vitamin apa saja yang baik untuk tulang dan sendi? Inilah beberapa jenis vitamin tulang dan sendi yang dapat kita ketahui bersama.

1. Vitamin D
Fungsi dari vitamin D untuk tulang adalah untuk mengatur kalsium dan juga fosfor di dalam tubuh untuk proses pembentukan dan pengerasan tulang serta gigi. Maka dari itulah saat seseorang kekurangan vitamin D, maka besar kemungkinan seseorang tersebut akan mengalami kalainan tulang. Sumber vitamin D yang paling besar dapat diperoleh melalui sinar matahari, dan melalui beberapa jenis makanan seperti udang, ikan tuna, minyak ikan, mentega, dll.
Baca juga :

2. Vitamin K
Selain vitamin D, tulang juga ternyata membutuhkan asupan vitamin K. Pasalnya vitamin K ini memiliki penanan yang sangat penting bagi sistem metabolisme tulang serta proses pembentukan tulang agar lebih sehat dan juga kuat. Yakni sebagai pengubah protein tertentu untuk tulang, sehingga zat mineral seperti kalsium dapat disimpan dengan benar. Vitamin K sendiri dapat diperoleh dari beberapa sumber, salah satunya adalah melalui jenis sayuran berdaun hijau. 

3. Vitamin C
Tidak disangka juga ternyata vitamin C ini memiliki peranan yang penting untuk persendian. Karena fungsi utama dari vitamin C ini adalah untuk memproduksi kolagen di dalam tubuh, sedangkan kolagen sendiri dibutuhkan sebagai salah satu komponen untuk struktur tendon, tulang rawan, dan ligamen. Dan sumber vitamin C yang besar dapat diperoleh melalui berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Selain melalui makanan dan juga minuman, vitamin untuk tulang juga dapat diperoleh melalui berbagai suplemen hingga susu yang kini banyak dijual di Apotik. Untuk asupan nutrisi tulang mungkin lebih mudah diperoleh melalui produk seperti susu, seperti Anlene, HiLo, Entrasol, Prosteo Plus, Progdugen Vitafirst, dll.

Sedangkan untuk sendi biasanya akan lebih mudah diperoleh melalui suplemen seperti Viostin DS atau merk suplemen lainnya. Dengan mengetahui apa saja vitamin tulang dan sendi yang dibutuhkan maka Anda pun akan lebih mudah memenuhi kebutuhannya. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tersebut, maka Anda pun akan jauh dari berbagai penyakit tulang dan sendi.
Baca juga :