search-button

Oct 27, 2016

5 Makanan Sehat yang Baik Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

   
Advertisements
Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Apotik Sehat – Mengetahui makanan yang baik untuk ibu hamil 5 bulan mungkin dapat dikatakan sebagai sebuah kewajiban lain yang harus dijalankan. Ya, pasalnya kehamilan dari waktu ke waktu akan selalu membutuhkan berbagai macam jenis makanan yang berbeda-beda. Salah satu contohnya seperti saat kandungan tengah memasuki usia 5 bulan.

Pada masa usia kehamilan yang bertambah, maka dapat dipastikan bahwa nutrisi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah banyak. Untuk itulah mengapa ibu hamil harus sangat memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Karena asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan pun berbeda-beda.

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Dengan nutrisi yang seimbang, maka kesehatan ibu serta perkembangan dan pertumbuhan janin yang berada di dalam kandungan pun dapat terjaga dengan baik. Pasalnya tidak sedikit kalangan ibu yang terkadang menyepelekan hal ini dan menyesal pada akhirnya. Agar tidak menyesal nanti, maka cobalah mengkonsumsi 5 makanan yang baik untuk ibu hamil 5 bulan berikut ini.
1. Makanan Dengan Kandungan Zat Besi.
Jenis makanan ini diketahui sebagai sumber nutrisi yang menghasilkan sel darah merah pada ibu dan janin. Dengan mengkonsumsi makana sepertti daging, hati, atau ikan, maka ibu akan terhindar dari risiko terkena penyakit seperti anemia. Karena penyakit ini diketahui memiliki potensi menimbulkan tingkat kecacatan yang tinggi pada bayi.
2. Makanan Dengan Kandungan Vitamin C.
Sedangkan makanan yang memiliki kandungan vitamin C sendiri dibutuhkan untuk proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C juga akan membantu melindungi jaringan serta memberikan antioksidan untuk tubuh ibu. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat ibu peroleh dari makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
Baca juga:
3. Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Kalsium.
Nutrisi seperti kalsium tentu saja sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium juga sangat dibutuhkan oleh ibu agar terhindar dari penyait seperti osteoporosis. Agar proses penyerapan kalsium di dalam tubuh berjalan sempurna, maka ibu juga harus mengimbangi asupan vitamin D ke dalam tubuh setiap harinya. Kalsium dan vitamin D ini dapat diperoleh melalui makanan seperti keju, susu, hati ikan, dan kuning telur.
4. Makanan yang Mengandung Vitamin A.
Vitamin A juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama saat kandungan memasuki usia 5 bulan. Asupan vitamin A ini diketahui berfungsi untuk kesehatan penglihatan pada janin, pertumbuhan tulang, serta pertumbuhan kulit pada janin. Vitamin A ini dapat diperoleh melalui sayuran seperti bayam, wortel, apel, pepaya, tomat, hingga buah naga.
5. Makanan yang Mengandung Omega 3.
Dan untuk perkembangan otak pada janin, maka ibu juga harus mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan yang mengandung Omega 3. Sebenarnya, nutrisi seprti Omega 3 ini sebaiknya mulai dipenuhi dari masa usia kandungan 1 bulan. Beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki kandungan omega 3 yang tinggi adalah telur, ikan sadren, salmon, makarel, sayuran hijau, dll.

Hampir seluruh dari makanan yang baik untuk ibu hamil 5 bulan di atas tadi sebaiknya terus di konsumsi untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Dengan nutrisi yang terpenuhi, maka tumbuh kembang janin pun akan berlangsung sempurna dan memiliki prosentase yang sangat kecil terhadap berbagai macam gangguan.
Baca juga: