search-button

Oct 25, 2016

5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

   
Advertisements
Makanan Sehat  yang Baik Untuk Ibu Hamil 6 Bulan
Apotik SehatMakanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan berikut ini sebaiknya memang menjadi prioritas untuk di konsumsi dalam keseharian. Saat masa kehamilan memasuki usia 6 bulan, maka tubuh ibu pun akan mengalami perubahan yang cukup signifikan, khususnya pada bagian perut ibu yang semakin membesar.

Terlepas dari kondisi tersebut, kondisi janin yang berada di dalam kandungan pun akan tumbuh semakin besar. Pada masa usia kehamilan ini, biasanya janin sudah membentuk dengan sempurna dan otaknya sudah mulai berfungsi serta tulang serta sendi janin pun mulai kuat. Dan disaat inilah asupan nutrisi sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan nutrisi bagi ibu dan janin. Saat masa usia kehamilan terus bertambah, maka semakin banyak juga nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, maka berikut ini adalah makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan yang dapat kita ketahui bersama.
1. Sayuran Hijau.
Dalam sayuran hijau diketahui terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin, seperti kandungan serat yang akan membantu melancarkan pencernaan serta kandungan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Berapa jenis sayuran yang dapat menjadii pilihan untuk di konsumsi antara lain seperti bayam, kangkung, sawi, dll.
2. Daging Tanpa Lemak.
Mengkonsumsi daging tanpa lemak pada ibu hamil diketahui merupakan salah satu cara yang tepat dalam menjaga berat badan. Selain itu, daging juga merupakan sumber protein terbesar dan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun usahakan dapat mengolah daging ini hingga benar-benar matang dan higienis untuk menghindari bakteri jahat.
Baca juga:
3. Ikan Salmon.
Selain daging tanpa lemak, ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi ikan salmon yang dikenal memiliki kandungan Omega 3, EPA, dan DHA. Dimana kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan. Terlebih saat masa usia kehamilan menginjak 6 bulan, dimana otak janin sedang berkembang pesat.
4. Telur Bebek.
Telur bebek memang dikenal memiliki kandungan mineral, vitamin, serta protein yang tinggi. Namun bagi ibu hamil, kandungan nutrisi yang paling penting dan dibutuhkan dari telur bebek adalah kandungan kolin. Karena kandungan kolin tersebut dapat mencegah kecacatan pada syaraf serta mencegah bayi terlahir dengan IQ yang rendah.
5. Buncis dan Ubi Jalar.
Sayuran seperti buncis banyak di rekomendasikan untuk ibu hamil 6 bulan karena dapat menjadi sumber protein serta memiliki kandungan serat yang tinggi. Sedangkan ubi jalar diketahui memiliki kandungan karatenoid yang akan mencukupi kebutuhan seperti vitamin A, vitamin C, serta asam folat. Nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

Makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan di atas tadi tentunya merupakan makanan yang mudah diperoleh dalam lingkungan sekitar kita. Jika ingin bayi ibu lahir dengan sehat, maka perhatikanlah setiap makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Karena makanan memang merupakan salah satu sumber nutrisi dan vitamin yang paling besar.
Baca juga :