search-button

Oct 7, 2016

5 Makanan Sehat Untuk Penderita Pengapuran Tulang

   
Advertisements
Makanan Untuk Penderita Pengapuran Tulang
Apotik Sehat – Bagi penderita penyakit seperti osteoarthritis tentunya varian makanan untuk penderita pengapuran tulang berikut ini akan sangat dibutuhkan. Karena bagi sebagian besar penyakit pada umumnya memang akan selalu memiliki keterkaitan tersendiri dengan makanan. Pasalnya makanan pun diketahui dapat memicu hadirnya beragam penyakit.

Salah satunnya seperti pada penyakit pengapuran tulang dan sendi, atau yang dalam istilah medis disebut osteoarthritis. Namun, terkadang banyak kalangan yang beranggapan bahwa jenis penyakit ini disebabkan oleh kadar kalsium yang berlebihan di dalam tubuh. Padahal, penyebabnya sendiri sangat berbeda dan tidak sama.

Makanan Untuk Penderita Pengapuran Tulang

Ya, karena sebenarnya penyakit pengapuran tulang dan sendi atau osteoarthritis ini di sebabkan oleh gerakan yang berlebihan pada sendi karena tekanan bobot tubuh yang berlebihan. Oleh sebab itulah sebenarnya jenis penyakit rematik ini banyak terjadi pada mereka yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk.

Namun tidak berarti mereka yang kurus tidak dapat terkena penyakit ini, karena jika sering berolahraga secara berlebihan, terlalu lama duduk, jongkok, atau berdiri pun berpotensi terserang penyakit rematik ini. Jika berhubungan dengan berat tubuh, maka sudah tentu makanan pun akan memiliki peranan yang sangat penting.
Baca juga : Tidak hanya menjadi penyebab, namun juga dapat menjadi penyembuh bagi sebuah penyakit jika memang makanan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat. Lalu, makanan apa yang baik di konsumsi oleh penderita penyakit pengapuran tulang atau osteoarthritis? Inilah beberapa macam makanan untuk penderita pengapuran tulang dan sendi yang dapat di konsumsi.
1. Brokoli
Sayuran hijau memang selalu memiliki banyak manfaat positif untuk tubuh. Seperti sayuran brokoli ini, selain dapat meningkatkan imun tubuh, sayuran hijau ini juga ternyata dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi hingga mencegah anemia. Dengan mengkonsumsi sayuran ini, maka penyakit seperti pengapuran tulang atau osteoarthritis dana dihindari.
2. Wortel
Sayuran berwarna merah ini ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan mata saja, melainkan juga memiliki beragam manfaat lain untuk tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Karena diketahui bahwa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam wortel ini memang dapat mencegah penyakit pengapuran tulang atau osteoarthritis.
3. Kacang Polong
Selain sayuran, kacang-kacangan juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit osteoarthritis. Salah satunya yakni jenis kacang polong, dengan kandungan serat yang tinggi (8 vitamin & 7 mineral) serta kandungan vitamin K dan juga folat serta vitamin B6 dalam kacang polong ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi.
4. Pisang
Selain mengandung serat dan vitamin C yang cukup tinggi, pisang juga dikenal memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk tulang. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang diyakini dapat membantu mengobati penyakit seperti pengapuran yang terjadi pada tulang dan sendi. Maka dari itu penderita osteoarthritis juga diwajibkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara teratur.
5. Tomat
Satu lagi buah-buahan yang dapat di konsumsi oleh penderita penyakit osteoarthritis atau pengapuran tulang dan sendi yakni buah tomat. Kandungan nutrisi dan vitamin C yang tinggi pada buah tomat memang diketahui dapat membantu mengatasi pengapuran yang terjadi pada tulang dan sendi. Selain mengobati, mengkonsumsi tomat juga dapat membantu mencegah penyakit tersebut.

Beberapa jenis makanan untuk penderita pengapuran tulang di atas tadi memang dapat membantu mengatasi penyakit tersebut hingga dapat mencegahnya jika rutin di konsumsi. Karena pada dasarnya, buah dan sayuran memang memiliki beragam kandungan vitamin dan nutrisi yang baik dan sangat di butuhkan oleh tubuh. Termasuk mencegah beragam penyakit.
Baca juga :