search-button

Oct 23, 2016

5 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

   
Advertisements
Makanan Baik Untuk Ibu Hamil 7 Bulan
Apotik Sehat – Mencari informasi makanan yang baik untuk ibu hamil 7 bulan pada saat ini tentunya sudah bukan lagi merupakan perihal yang sulit dilakukan. Terlebih di era modern seperti sekarang ini, dimana beragam informasi sudah dapat diperoleh dengan mudah melalui media online seperti situs atau website. Salah satu contohnya nya yakni informasi tentang kehamilan.

Saat seorang wanita tengah menjadi calon ibu, tentunya banyak kegembiraan dan beragam hal lain yang akan dirasakan. Terlepas dari itu semua, tentunya ibu juga harus menjaga kehamilan di setiap bulannya agar janin tumbuh sehat dan kuat. Mulai dari mengatur ulang kegiatan sehari-hari hingga lebih selektif dan berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Selain itu, ibu juga wajib mengetahui makanan apa saja yang harus di konsumsi setiap harinya dari bulan ke bulan saat kehamilan. Dan hal yang harus sangat diperhatikan adalah kualitas makanan, bukan kuantitas makanan tersebut. Lantas, apa saja makanan yang wajib di konsumsi? Inilah makanan yang baik untuk ibu hamil 7 bulan yang dapat kita ketahui bersama.
1. Makanan yang Mengandung Vitamin B6.
Ikan, daging ayam, hingga daging sapi merupakan jenis makanan yang baik dan di butuhkan oleh ibu hamil. Karena di dalam makanan tersebut terdapat kandungan vitamin B6 yang akan membantu sistem metabolisme tubuh ibu hamil dan juga proses kimia melalui bantuan enzim di dalam tubuh.
2. Makanan yang Mengandung Vitamin K.
Beragam jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam atau brokoli memang merupakan makanan yang penting di konsumsi oleh ibu hamil. Karena vitamin K sendiri memang di butuhkan oleh ibu dan janin di dalam kandungan untuk proses pembekuan darah. Maka dari itulah sayuran hijau akan di wajibkan ada di setiap menu makanan sehari-hari ibu.
Baca juga:
3. Makanan yang Mengandung Kalori.
Pada usia 7 bulan yang masuk pada trimester ketiga kehamilan, maka ibu juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori. Contohnya seperti nasi, kentang, umbi, atau singkong. Dengan karbohidrat yang cukup, maka asupan kalori pada tubuh ibu pun dapat terpenuhi. Dengan kalori yang terkontrol, maka berat tubuh ibu pun dapat terjaga serta terhindar dari keluhan saat masa usia kehamilan 7 bulan.
4. Makanan yang Mengandung Kalsium.
Semakin besar perut ibu hamil, maka semakin besar juga bobot yang harus di topang oleh tubuh ibu. Maka dari itulah pada masa usia kehamilan 7 bulan, ibu juga akan membutuhkan asupan kalsium yang cukup agar tidak terjadi pengikisan tulang yang berpotensi menyebabkan osteoporosis. Contohnya seperti keju, yoghurt, hingga susu berkalsium tinggi.
5. Makanan yang Mengandung Yodium.
Selain dari garam dapur yang memang memiliki kandungan yodium, yodium juga dapat diperoleh melalui beragam jenis ikan laut. Kandungan yodium ini diketahui akan membantu proses pembentukan sel baru dari senyawa tiroksin yang akan mengurangi risiko terjadinya bayi kerdil. Namun tentu saja batasi asupan yodium ini secukupnya dan sewarjanya saja.

Itulah nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil trimester ketiga yang dapat diperoleh melalui makanan yang baik untuk ibu hamil 7 bulan di atas tadi. Semakin besar usia kandungan maka semakin banyak hal juga yang harus sangat diperhatikan, salah satunya yakni soal asupan makanan dalam keseharian.
Baca juga: