search-button

Oct 24, 2016

5 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

   
Advertisements
Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 8 Bulan
Apotik Sehat – Saat memasuki masa usia kehamilan 8 bulan maka sebaiknya ibu juga dapat memperhatikan makanan yang baik untuk ibu hamil 8 bulan berikut ini. Bagi ibu hamil, tentu saja makanan merupakan aspek penting yang wajib di nomor satukan. Karena melalui makanan, ibu dan bayi dapat memperoleh asupan nutrisi yang cukup setiap harinya.

Terlebih saat usia kandungan memasuki trimester akhir yakni kehamilan 8 bulan, maka janin yang berada di dalam kandungan sudah mulai sempurna. Bagian paru-paru dan plasenta janin sudah terbentuk sempurna, bahkan pada masa kehamilan ini bayi sudah dapat mengedipkan matanya serta bulu matanya pun sudah mulai tumbuh.

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Tak hanya itu, fungsi otak bayi pun kiat meningkat drastis dengan hantaran fungsi syaraf yang sudah lebih baik. Dan pada masa usia tersebut, janin yang ada di dalam kandungan pun sudah mulai dapat beradaptasi dengan aktivitas ibu baik siang maupun malam. Untuk itulah mengapa pada masa kehamilan ini ibu diwajibkan memenuhi setiap asupan nutrisi yang dibutuhkan. Lalu, makanan apa saja yang baik untuk usia kehamilan 8 bulan? Jawabannya dapat ibu temukan pada ulasan makanan yang baik untuk ibu hamil 8 bulan di bawah ini.
1. Sayuran yang Mengandung Betakaroten.
Salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat memasuki usia kehamilan 8 bulan adalah sayuran dengan kandungan betakaroten. Contohnya sayuran berwarna jingga seperti wortel. Selain mengandung vitamin A yang tinggi, wortel juga mengandung betakaroten yang dapat membantu ibu dalam meningkatkan imun tubuh dan juga janin di dalam kandungan.
2. Nasi Beras Merah dan Umbi-umbian.
Semakin besar usia kandungan maka diketahui semakin besar juga ibu mengalami risiko sembelit. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya ibu mengkonsumsi nasi beras merah atau umbi-umbian yang dikenal kaya akan serat. Selain itu, kadar glukosa di dalam nasi beras merah pun lebih rendah sehingga dapat mencegah terkena penyakit diabetes.
Baca juga:
3. Buah-buahan yang Banyak Mengandung Vitamin C.
Salah satu contoh buah yang dapat di konsumsi yakni buah jeruk, yang memanng sudah terkenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Asupan vitamin C memang sangat dibutuhkan saat masa kehamilan memasuki usia 8 bulan. Untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh ibu, mencegah anemia, serta persiapan untuk proses kehamilan.
4. Kacang Kedelai.
Kacang kedelain dikenal memiliki kandungan vitamin B1, B2, B12, dan B6 yang cukup tinggi. Vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil 8 bulan untuk proses metabolisme serta pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dan untuk perkembangan DHA. Selain kacang kedelai, ibu juga dapat mengkonsumsi ikan, gandum, atau susu.
5. Mineral.
Selain empat jenis makanan sehat untuk ibu hamil 8 bulan di atas, ibu juga akan di wajibkan mencukupi asupan mineral setiap harinya. Asupan mineral ini berfungssi untuk menjaga kebutuhan cairan di dalam tubuh ibu agar proses metabolisme tubuhnya menjadi lancar. Juga untuk menjaga suhu tubuh ibu serta menghindari kondisi dehidrasi yang juga membahayakan janin di dalam kandungan.

Itulah makanan yang baik untuk ibu hamil 8 bulan yang sebaiknya rutin di konsumsi agar kesehatan tubuh ibu dan janin terjaga dengan baik. Dengan kondisi tubuh ibu dan janin yang prima, maka porses melahirkan pun dapat berjalan lebih lancar dan jauh dari berbagai risiko berbahaya. Semoga dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda, khususnya ibu hamil.
Baca juga: