search-button

Oct 17, 2016

6 Pantangan Makanan Infeksi Kelenjar Getah Bening

   
Advertisements
Pantangan Makanan Infeksi Kelenjar Getah Bening

Apotik Sehat – Jika bicara soal pantangan makanan infeksi kelenjar getah bening, sebenarnya jika menurut dunia medis tidak terdapat makanan yang harus dipantang atau dilarang. Namun memang sebaiknya makanan yang di konsumsi dipilih secara selektif dan tidak sembarangan. Pasalnya tidak dapat dipungkiri bahwa makanan akan selalu memiliki peranan yang sangat penting.

Dikatakan demikian karena makanan tersebut dapat berperan sebagai penyembuh maupun sebagai penyebab dari berbagai macam jenis penyakit. Salah satunya seperti pada penyakit kelenjar getah bening. Infeksi pada kelenjar getah bening sendiri diketahui memiliki ciri seperti terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Pantangan Makanan Infeksi Kelenjar Getah Bening

Infeksi kelenjar getah bening yang ditandai dengan pembengkakan pada kelenjar tersebut biasaya akan terjadi di area tubuh seperti di leher, ketiak, dagu bagian bawah, hingga di pangkal paha. Selain diatasi dengan langkah medis, tentunya pola makan pun harus dijaga, khususnya pada berbagai macam jenis makanan yang di konsumsi.

Jenis makanan yang biasanya akan menjadi pantangan untuk infeksi kelenjar getah bening ini akan meliputi jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, hingga beragam jenis minuman dan makanan lainnya. Untuk informasi lengkapnya, berikut ini adalah beberapa pantangan makanan infeksi kelenjar getah bening yang dapat kita ketahui bersama.
1. Sayuran.
Salah satu jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh jenis penyakti ini adalah sayuran seperti tauge.     Pasalnya dalam sayuran ini diketahui terdapat kandungan yang mampu memicu hadirnya sel kanker. Selain tauge, sayuran seperti kangkung dan sawi putih pun sebaiknya dihindari.
2. Buah-Buahan.
Beberapa buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita onfeksi kelenjar getah bening ini adalah durian, nanas, lengkeng, sirsak, anggur, dan duku. Beberapa buah-buahan tersebut harus dihindari karena diketahui dapat memicu timbulnya sel kanker.
3. Makanan yang Diawetkan.
Pada jenis penyakit apapun, makanan yang diawetkan memang akan selalu dilarang dan dihindari. Pasalnya dalam berbagai macam jenis makanan yang di awetkan tersebut akan memiliki berbagai senyawa kimia.
Dimana senyawa kimia sendiri dapat berubah menjadi karsinogen yang aktif dan dapat mendorong tumbuhnya sel kanker. Maka dari itulah sebaiknya jenis makanan yang menggunakan bahan pengawet sebaiknya dihindari.
Baca juga:
4. Minuman Ringan/Bersoda.
Selain makanan yang diawetkan, jenis minuman ringan juga diketahui memiliki sifat karsinogen yang aktif. Sehingga dapat menjadi pemicu hadirnya sel kanker serta akan dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Selain itu, minuman dingin juga berpotensi menghambat peredan atau sirkulasi darah.
5. Daging Unggas.
Pada beberapa jenis unggas yang diternak menggunakan suntikan obat-obatan kimia hingga hormon maka dapat memicu sel kanker saat dagingnya di konsumsi oleh manusia. Sekalipun sudah di masak hingga matang, namun biasanya senyawa kimia tersebut masih terdapat pada daging.
6. Seafood atau Makanan Laut.
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa jenis makanan laut atau seafood memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Selain dapat membuat kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat, kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menghambat peredaran darah dan memicu sel kanker.

Bagi penderita infeksi kelenjar getah bening maka beberpa jenis pantangan makanan infeksi kelenjar getah bening di atas tadi sebaiknya dihindari terlebih dahulu hingga kondisi infeksi mereda. Sebenarnya tidak akan rugi jika Anda menjaga pola makan sehat, karena dengan makanan sehat maka pola hidup pun akan menjadi lebih sehat dan terhindari dari berbagai macam jenis penyakit.
Baca juga: