search-button

Oct 16, 2016

4 Penyebab Infeksi Tulang (Osteomielitis)

   
Advertisements
Penyebab Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Apotik Sehat – Untuk Anda yang belum mengetahui penyebab infeksi tulang atau yang dalam istilah medis disebut Osteomielitis, maka dapat menemukan jawabannya pada ulasan berikut ini. Ragam penyakit dalam memang sangat bermacam-macam. Dan biasanya jenis penyakit dalam sendiri sulit di identifikasi karena kondisinya yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Sebut saja salah satu contohnya seperti penyakit infeksi tulang atau Osteomielitis, dimana jenis infeksi atau peradangan yang terjadi pada tulang ini memang tidak mudah diketahui. Maka dari itulah selain harus mengetahui gejala infeksi tulang, sebaiknya dapat mengetahui juga apa penyebab infeksi tulang. Dengan begitu, kondisi infeksi dan peradangan tersebut akan lebih mudah di atasi.

Penyebab Infeksi Tulang

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa infeksi tulang atau Osteomielitis merupakan salah satu kondisi infeksi atau radang yang terjadi pada struktur tulang karena infeksi bakteri. Kondisi tersebut tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa saja, melainkan juga dapat terjadi pada anak-anak. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab infeksi tulang.
  1. Salah satu faktor penyebab terjadinya infeksi tulang adalah kurangnya asupan darah yang disebabkan oleh pembengkakan sumsum tulang. Kondisi tersebut akan mengakibatkan bagian tulang mejnjadi mati dan menyebabkan infeksi dan radang.
  2. Infeksi tulang juga diketahui dapat di sebabkan oleh masuknya bakteri yang berasal dari infeksi di bagian tubuh lainnya melalui aliran darah. Bakteri tersebut akan menyebar ke tulang melalui aliran darah, dan akan berujung di bagian tulang belakang dan ujung tulang.
  3. Adapun penyebab infeksi tulang lain yang dapat diketahui yakni pernah memiliki riwayat patah tulang. Jika pengobatan yang dilakukan tidak intensif dan steril, maka bakteri pun dapat masuk dengan mudah ke dalam tulang pada saat proses pengobatan atau perbaikan tulang tersebut. Micro organisme lain juga memiliki peluang yang sangat besar untuk masuk ke dalam tulang saat pembedahan dilakukan melalui benda yang memang sudah terkontaminasi oleh bakteri dan akhirnya menembus tulang.
  4. Dan penyebab infeksi tulang atau Osteomielitis lainnya ini adalah karena faktor penyakit lain. Mengidap penyakit seperti Diabetes, Hemodialisis, trauma, hingga penyalahgunaan narkoba juga diketahui dapat menimbulkan kondisi radang atau infeksi pada tulang.
Baca juga:

Sedangkan untuk gejalanya, penderita infeksi tulang atau Osteomielitis ini biasanya akan mengalami demam hingga merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian tulang. Gejala lainnya yang dapat diketahui yakni terdapatnya luka hingga pembengkakan. Pada sebagian kasus, ada yang hingga mengalami pseudoparalysis atau gerakan tulang yang terbatas karena infeksi.

Setelah mengetahui penyebab infeksi tulang hingga gejala dari infeksi tulang atau Osteomielitis ini, maka dapat melakukan pengobatan intensif sedini mungkin. Karena jika dibiarkan, kondisi infeksi dan radang tersebut dapat menjalar ke bagian tulang lain seperti pinggul, pergelangan tangan, pundak, lutut, dsb. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber refernsi yang bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: