search-button

Oct 1, 2016

3 Tips Memilih Popok Kain Untuk Bayi Baru Lahir

   
Advertisements
Tips Memilih Popok Kain Untuk Bayi Baru Lahir
Apotik Sehat – Tips memilih popok kain untuk bayi baru lahir memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Hal tersebut tentu saja karena mengingat bahwa kulit bayi masih sangat sensitif terhadap berbagai hal. Maka dari itulah memilih popok untuk bayi yang baru lahir pun sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan tidak sembarangan.

Dewasa ini perlengkapan untuk bayi yang baru saja lahir memang sudah tersedia dalam berbagai macam jenis. Salah satu contohnya yakni popok bayi, jenis popok bayi saat ini pun sudah beragam mulai dari popok kain tradisional, popok clodi, hingga popok sekali pakai. Semua jenis popok tersebut tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Tips

Memilih Popok Kain Untuk Bayi Baru Lahir

Bagi ibu yang masih menggunakan beragam cara tradisional, maka penggunaan popok pun biasanya akan menggunakan jenis popok tradisonal dari bahan kain. Kelebihan dari popok ini tentu saja lebih hemat di bandingkan dengan popok sekali pakai. Karena ibu hanya akan membelinya di awal dan dapat di cuci hingga berulang-ulang kali.

Namun dibalik kelebihannya tersebut, tentu ada juga kekurangannya. Salah satunya yakni jka produk popok kain yang dipilih tidaklah tepat, maka akan dengan mudah membuat kulit bayi mengalami iritasi. Tentunnya setiap ibu tidak ingin mengalami hal tersebut pada buah hati mereka. Maka dari itu, sebelum membeli hendaknya memperhatikan beberapa tips memilih popok kain untuk bayi baru lahir berikut ini.
Baca juga:

1. Bahan Popok
Ya, poin ini merupakan poin utama dalam memilih popok kain tradisonal. Jika tidak ingin kulit bayi mengalami iritasi, maka pilihlah popok kain dengan bahan yang paling lembut. Selain tidak akan menimbulkan iritasi kulit, popok kain yang berbahan lembut juga akan membuat bayi lebih nyaman menggunakannya. Pilihlah popok yang berbahan tipis agar bayi tidak kepanasan.
2. Ukuran Popok yang Tepat
Pada umumnya, popok kain tradisional memang berbentuk persegi panjang dan memiliki 2 buah tali pada salah satu ujungnya sebagai pengikat. Biasanya, ukuran popok kain tradisonal untuk bayi yang baru lahir pun akan berbeda-beda dari satu brand ke brand lainnya. Untuk itulah sebaiknya Anda dapat lebih teliti dalam memilihnya. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan berat badan bayi Anda atau dapat juga mengacu pada tinggi bayi Anda.
3. Pengikat Popok
Selain popok kain yang memiliki tali untuk pengikat, ada juga popok yang tidak memiliki tali dan direkatkan oleh peniti. Hindari menggunakan jenis popok ini karena risiko dari penggunaan peniti dapat melukai bayi. Pilihlah jenis popok yang menggunakan tali sebagai pengikat atau dapat juga memilih yang menggunakan perekat pada popok kain modern.

Itulah beberapa tips memilih popok kain untuk bayi baru lahir yang wajib diperhatikan oleh setiap ibu jika ingin menggunakan jenis popok kain tradisional. Selain cara memilih, sebaiknya para ibu juga mengetahui cara penggunaan serta cara mencuci popok kain tersebut. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang membantu serta bermanfaat.
Baca juga: