search-button

Nov 25, 2016

4 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

   
Advertisements
Apotik SehatCara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis sebenarnya tidak kalah ampuh dari penggunaan produk perawatan rambut bermerk. Hanya saja saat ini memang lebih banyak orang cenderung lebih memilih menggunakan produk perawatan rambut dibandingkan bahan-bahan alami. Salah satu contohnya seperti menggunakan buah jeruk nipis.

Padahal jika mengetahui kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis, hampir sebagian besar kandungannya sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, ternyata kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis juga dapat membantu mengatasi ketombe pada kullit kepala. Tentunya dengan cara mencampurkan bahan alami lain dengan buah jeruk nipis ini.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

Sebenarnya berbagai macam perawatan kecantikan sudah ada semenjak zaman nenek moyang kita. Hanya saja sebagian besar bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami yang dibuat menjadi ramuan tradisional. Lalu, bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba sendiri dirumah.

1. Jeruk Nipis dan Yoghurt.
Untuk membuat ramuan alami penghilang ketombe ini sebaiknya yoghurt dipilih adalah yoghurt plain atau tanpa rasa. Campurkan yoghurt tersebut dengan beberapa sendok air perasan jeruk nipis, lalu gunakan seperti kondisioner pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap sebelum melakukan keramas atau mencuci rambut.
2. Jeruk Nipis dan Lidah Buaya.
Ramuan alami penghilang ketombe yang kedua ini merupakan campuran dari jeruk nipis dan lidah buaya yang memang terkenal memiliki segudang manfaat untuk rambut dan kulit kepala. Cara membuatnya yakni mencampurkan gel lidah buaya dengan air sari perasan jeruk nipis, dapat juga dicampur yoghurt atau minyak zaitun. Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala, biarkan beberapa saat lalu bilas dan bersihkan rambut dengan cara keramas.
Baca juga:
  1. 5 Cara Menghilangkan Rambut Uban Secara Alami
  2. 5 Cara Merawat Rambut Keriting dan Mengembang
  3. 5 Tips Merawat Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Hitam

3. Jeruk Nipis dan Madu.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa madu memang memiliki banyak manfaat untuk kulit, tidak terkecuali pada kulit kepala. Untuk menghilangkan ketombe maka campurkan 5 sendok teh air sari perasan jeruk nipis dengan 2 sendok teh madu dan sedikti air. Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala dan biarkan selama 20 menit, bilas dan bersihkan dengan cara keramas.
4. Jeruk Nipis dan Bawang Putih.
Anti bakteri yang terdapat di dalam bawang putih juga ternyata dapat membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencampurkan sekitar 2 sendok makan bawang putih serbuk dengan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis. Setelah di aduk menjadi pasta, oleskan pada rambut dan kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dan bersihkan dengan cara keramas hingga bersih.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis di atas tadi diketahui merupakan cara alami yang ampuh dan efektif. Selain menggunakan produk perawatan rambut bermerk, untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan beragam bahan-bahan alami. Salah satunya seperti menggunakan buah jeruk nipis ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Baca juga: