search-button

Nov 20, 2016

5 Cara Mencegah Mata Silinder/Antigisme

   
Advertisements
Cara Mencegah Mata Silinder atau Antigisme
Apotik Sehat - Mata astigmatisme atau yang biasa dikenal dengan mata silinder adalah sebuah keadaan mata yang sangat mengganggu penderitanya. Kendati bukan sebuah penyakit yang berat, namun mata dengan keadaan seperti ini umumnya memiliki pengaruh buruk. Bagaimana tidak, seseorang yang menderita mata silinder umumnya tidak dapat melihat dengan jelas.

Hal tersebut dikarenakan bola mata penderita tidak membentuk sebuah lengkungan yang sferis pada kornea, hal tersebut mengakibatkan sinar yang masuk tidak bisa dibiaskan dengan benar dan sama rata pada seluruh bidang pembiasan. Jika sudah begini, maka titik fokus objek pada retina tidak akan berada pada suatu titik yang sama.

Tanda dan Gejala Astigmatisme

Kendati gangguan mata ini bukanlah sebuah penyakit, namun gangguan ini umumnya memiliki gejala atau tanda yang bisa dirasakan penderitanya. Tanda dan gejala itu pun tidak cukup sulit untuk dikenali. Pasalnya, tanda dan gejala mata silinder memang mirip dengan tanda dan gejala penyakit mata yang lainnya.
Adapun tanda dan gejala yang dimaksud adalah:
  • Penglihatan yang mulai kabur dan terdistorsi.
  • Keadaan mata yang mudah lelah.
  • Beberapa penderita umumnya mengalami sakit kepala yang berkepanjangan.
Saat Anda menemui tanda-tanda tersebut, ada baiknya untuk memeriksakan kondisi mata Anda ke dokter mata atau pun sejenisnya. Pasalnya, jika mengingat bahaya yang ditimbulkan, penyakit astigmatisme atau mata silinder sendiri memang harus ditangani dengan segera.
Baca juga:

Cara Mencegah Astigmatisme atau Mata Silinder

Untuk mencegah penyakit ini timbul, ada beberapa metode dan cara yang bisa dilakukan. Adapun cara-cara yang dimaksud adalah:
  1. Lakukan Olah Raga Mata.
    Metode ini umumnya dilakukan setiap hari, dan dapat dilakukan setidaknya setiap pagi dan sore hari. Olah raga mata bertujuan untuk melatih dan melenturkan otot mata. Adapun caranya sendiri adalah dengan menggerakan mata ke kiri dan kanan, lalu memijat pelipis mata sembari memandang lurus ke depan.
  2. Mengompres Mata Dengan Air Hangat.
    Metode ini umumnya dilakukan untuk mencegah penyakit astigmatisme. Selain itu, metode ini juga dilakukan untuk merileksasi mata dengan cara mengendurkan otot-otot pada organ mata.
  3. Jauhi Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata.
    Menonton TV, menatap layar monitor, dan menatap gadget secara berlebihan dapat membuat mata lelah. Selain itu, kebiasaan membaca yang buruk dengan tiduran dan pencahayaan yang redup juga membuat mata lelah. Keadaan seperti ini memang tidak terlalu berbahaya. Namun jika dilakukan terus menerus, maka akan menimbulkan penyakit mata, termasuk mata silinder.
  4. Bersihkan Mata Secara Rutin.
    Menjaga kebersihan mata adalah salah satu upaya Kita untuk menjaga kesehatan mata dan menghidarkan mata dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit astigmatisme. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan mata adalah dengan membersihkan bagian mata dengan menyekanya menggunakan kapas yang sudah direndam air bersih.
  5. Konsumsi Makanan Sehat Untuk Mata.
    Menjaga kondisi kesehatan mata menggunakan makanan yang bergizi adalah cara yang paling mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Adapun makanan yang baik untuk mata sendiri adalah makanan-makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi seperti vitamin A atau beta-karoten yang tinggi.

Bagaimana? Cara mencegah penyakit astigmatisme diatas mudah dan gampang bukan? tapi ingat, untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda menjalani pola hidup sehat. Disamping itu, hindari segala kebiasaan buruk. Memaksimalkan waktu istirahat juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Karena dengan cara tersebut, mata kita akan tetap sehat dan tidak kelelahan karena aktivitas sehari-hari.
Baca juga: