search-button

Nov 28, 2016

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam Dapur

   
Advertisements
Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam Dapur
Apotik SehatCara menghilangkan ketombe dengan garam dapur berikut ini mungkin dapat menjadi salah satu cara alternatif lain dalam menghilangkan ketombe. Saat Anda sudah mencoba beragam cara untuk mengusir ketombe dari rambut dan kulit kepala Anda namun tidak memberikan hasil yang memuaskan, maka cara alami yang satu ini layak Anda coba.

Menghilangkan ketombe pada rambut dan kulit kepala memang dapat dikatakan susah-susah gampang. Permasalahan seperti ketombe yang membandel dan selalu datang kembali pada rambut dan kulit kepala memang terkadang menjengkelkan dan sangat mengganggu. Bagaimana tidak, rambut yang berketombe sendiri tak jarang menurunkan rasa percara diri seseorang.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam Dapur

Terlebih saat mengenakan pakaian dengan warna yang gelap seperti hitam, biru dongker, atau warna gelap lainnya. Ketombe yang jatuh dari rambut ke permukaan pakaian tersebut akan terlihat kontras dan mencolok, sehingga tak heran jika keluhan rambut yang satu ini kerap menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Kondisi pada kulit kepala ini tentu saja bukan tanpa alasan. Ketombe sendiri sebenarnya merupakan sel kulit mati yang terdapat pada kulit kepala dan menimbulkan rasa gatal. Ketika digaruk, maka sel kulit mati tersebut akan mengelupas dalam ukuran yang sangat kecil dan dikenal dengan nama ketombe. Penyebabnya sendiri antara lain adalah :
  • Kulit kepala terlalu sering kepanasan karena sinar matahari atau pengggunaan alat kecantikan seperti hairdryer dan catokan rambut, hingga karena penggunaan kerudung.
  • Sisa busa dari shampo yang tidak benar-benar bersih.
  • Terlalu sering atau bahkan jarang keramas.
  • Salah menggunakan produk perawatan rambut (tidak cocok).
  • Faktor mengkonsumsi makanan tertentu.
  • Hingga faktor stres berlebih.
Cara mengatasi ketombe sendiri dewasa ini memang sudah tersedia dalam beragam metode yang berbeda-beda. Mulai dari perawatan di berbagai salon rambut, menggunakan produk perawatan rambut, hingga menggunakan bahan-bahan alami. Tentu saja dari semua metode tersebut, cara alami merupakan cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.
Baca juga:
Salah satu bahan alami yang dapat digunakan yakni garam dapur. Selain untuk memasak, ternyata gram dapur juga memiliki beragam manfaat lain yang salah satunya yakni dapat membantu mengusir ketombe. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan garam dapur yang mudah dilakukan.
  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu garam dapur halus sebanyak 4 hingga 5 sendok makan.
  2. Setelah itu, campurkan garam dapur tersebut dengan sedikit air dan aduk hingga teksturnya berubah menjadi seperti pasta.
  3. Selanjutnya, oleskan dan gosokan larutan garam tersebut secara merata pada kulit kepala. Berikan pijatan lembut selama beberapa saat agar garam dapat diserap oleh kulit kepala, diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat.
  4. Terakhir, bilas dan bersihkan terlebih dahulu dengan air bersih kemudian dilanjutkan dengan cara keramas menggunakan shampo.

Sangat mudah bukan? Jika ingin hasil yang optimal, maka lakukan cara menghilangkan ketombe dengan garam dapur ini hingga dua kali dalam seminggu hingga ketombe berkurang dan hilang. Jika Anda memilih menggunakan cara alami, maka jangan berharap memperoleh hasil yang instan dan cepat. Karena penggunaan cara alami biasanya akan memberikan hasil yang perlahan namun bersifat permanen.
Baca juga: