search-button

Nov 23, 2016

Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis

   
Advertisements
Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis
Apotik SehatCara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis memang dapat dikatakan sebagai salah satu cara alternatif dalam mengobati penyakit batu ginjal. Selain pengobatan dengan metode medis, tentu saja pengobatan dengan bahan alami juga dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit yang di derita. Tidak terkecuali untuk penyakit seperti batu ginjal.

Nefrolitiasis atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit batu ginjal ialah sebuah kondisi dimana terdapat material keras yang terbentuk menyerupai batu di dalam ginjal. Batu tersebut berasal dari sisa-sisa zat yang tidak terproses oleh ginjal dan akhirnya mengendap hingga mengkristal, yang kemudian menghambat saluran ureter di antara ginjal dengan kandung kemih.

Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis

Jenis batu ginjal sendiri bermacam-macam, namun pada umumnya terdapat empat jenis batu ginjal yang laing sering ditemui seperti batu asam urat, batu kalsium, batu sistin, dan batu struvit. Jika tidak langsung ditangani, maka batu tersebut akan terus membesar dan menyebabkan iritasi pada dinding ureter, pembengkakan karena saluran urin terhambat, dll.

Selain dapat diatasi dengan metode pengobatan medis, gejala-gejala batu ginjal ini juga dapat diatasi dengan bantuan pengobatan tradisional menggunakan bahan alami. Seperti salah satu contohnya yakni menggunakan buah jeruk nipis. Air sari dari jeruk nipis sendiri diyakini mampu mencegah hingga menghancurkan batu ginjal secara perlahan.

Hal tersebut karena diketahui bahwa buah yang memiliki nama latin Citrus Auranfolia ini memiliki kandungan yang sitrat yang tinggi. Dimana kandungan tersebut mampu mencegah dan menghancurkan pengendapan kalsium yang terdapat di dalam ginjal. Sehingga pada akhirnya endapan tersebut akan terbuang melalui urinne melalui ureter.

Akan tetapi, kandungan asam sitrat yang paling tinggi dari jenis buah jeruk nipis adalah pada buah jeruk nipis lokal. Kandungannya diyakini 10 kali lebih besar jika dibandingkan dengan jeruk manis atau jeruk keprok. Adapun beberapa kandungan yang dapat kita ketahui bersama di dalam 100 gram buah jeruk nipis ini antara lain seperti Vitamin C 27 mg, Kalsium 40 mg, Fosfor 22 mg, Hidrat arang 12.4 gram, Vitamin B1 0.04 mg, Zat besi 0.6 mg, Lemak 0.1 gram, Kalogi 37 kkal, Protein 0.8 gram, Dan air 86 gram.
Baca juga:
Dengan kandungan tersebut tentunya tak heran jika buah jeruk nipis ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya yakni dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit seperti batu ginjal. Lalu , bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal dengan buah jeruk nipis ini? Inilah cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis.
  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu sebuah jeruk nipis lokal yang masih segar.
  • Belah menjadi dua bagian kemudian peras dan saring air sarinya.
  • Campurkan perasan air sari buah jeruk nipis tersebut dengan segelas air hangat, lalu aduk hinggga tercampur rata.
  • Lalu minum air larutan tersebut hingga habis.
  • Agar tidak menyebabkan gangguan lambung, maka minumlah larutan tersebut saat selesai makan malam. Karena memang waktu konsumsi larutan yang paling efektif adalah malam hari setelah makan malam dan akan menjelang tidur malam.

Itulah cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis yang mudah sekaligus merupakan cara mencegah batu ginjal menumpuk dan membesar. Penggunaan bahan alami ini tentu saja tidak akan menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh. Maka dari itu janganlah ragu untuk mencoba pengobatan dengan bahan alami sebelum menggunakan metode pengonbatan medis.
Baca juga: