search-button

Nov 19, 2016

4 Cara Mengobati Diare Pada Bayi

   
Advertisements
Cara Mengobati Diare Pada Bayi
Apotik SehatCara mengobati diare pada bayi tentu saja berbeda dengan mengobati diare pada orang dewasa. Banyak hal yang harus sangat diperhatikan karena sistem pencernaan pada bayi masih sangat sensitif. Terlebih penyakit seperti diare merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, bahkan penyakit ini memiliki tingkat angka kematian yang cukup tinggi pada penderitanya.

Di Indonesia sendiri, tingkat angka kematian bayi karena penyakit diare ini sudah mencapai 31/4%. Untuk itulah mengapa setiap ibu wajib mengetahui gejala hingga cara menangani penyakit diare ini. Dengan mengetahui hal tersebut, maka penanganannya dapat dilakukan sedini mungkin.
Adapun beberapa penyebab diare pada bayi adalah :
  • Infeksi bakteri, parasit, atau virus yang masuk melalui mulut.
  • Keracunan dari makanan.
  • Alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu.
  • Alergi terhadap jenis makanan tertentu.
  • Atau dapat juga terlalu banyak mengkonsumsi jus buah-buahan.

Cara Mengobati Diare Pada Bayi

Saat bayi mengalami diare, jika sudah diberikan makanan padat maka sebaiknya hindari dulu jenis makanan yang mengandung serat tinggi, makanan berminyak, hingga makanan manis dan produk susu. Lalu, bagaimana cara mengobati bayi yang terkena diare? Bagi Anda yang membutuhkan referensi, maka inilah beberapa cara mengobati diare pada bayi yang efektif.

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan.
Saat bayi terkena diare, maka dipastikan sangat banyak cairan di dalam tubuh yang akan terbuang. Untuk itulah sebaiknya Anda memberikan cairan untuk mengganti cairan yang terbuang agar bayi tidak mengalami dehidrasi. Selain memberikan ASI secara teratur bagi bayi yang masih menyusui, Anda juga dapat memberikan air putih yang banyak untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang.
2. Memberikan Oralit.
Jika diare yang diderita oleh bayi cukup hebat, maka sudah tentu asupan air mineral dan ASI saja tidaklah cukup. Untuk itulah berikan oralit atau dapat juga membuatnya sendiri dengan mencampurkan gula dan garam pada segelas air lalu diberikan pada bayi Anda. Dengan bantuan oralit ini, maka cairan tubuh yang berkurang akan terbantu tergantikan kembali.
Baca juga:

3. Berikan Makanan yang Mudah Dicerna.
Selain bubur, pisang atau pepaya yang dilembutkan pun dapat menjadi makanan yang paling mudah dicerna oleh tubuh bayi. Saat tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis tubuh bayi pun akan merasa lemas dan tidak bertenaga. Namun dengan memberikan beberapa jenis makanan yang mudah diserap oleh usus, maka tubuh bayi pun akan mendapatkan energi yang akan membuatnya menjadi lebih kuat.
4. Menggunakan Ramuan Herbal.
Jika usia bayi sudah di atas 6 bulan, maka untuk mengobati diare yang di deritanya dapat menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari pucuk daun jambu biji, kunyit, dan garam. Adapun bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Pucuk daun jambu biji sebanyak 7 helai
  • Kunyit sebesar 1 ruas jari tangan
  • 1/4 sendok teh garam
  • Air bersih sebanyak 2 gelas
Cara membuatnya yakni mencuci bersih terlebih dahulu pucuk daun jambu biji dan kunyit, setelah itu bakar kunyit lalu iris tipis-tipis. Setelah itu, campurkan seluruh bahan pada sebuah panci dan rebus hingga mendidih dengan api kecil. Setelah airnya berkurang sedikit angkat dan dinginkan. Berikan ramuan tersebut 1 jam sekali sebanyak 1 sendok teh saat sudah dingin hingga diare pada bayi reda.

Itulah beberapa cara mengobati diare pada bayi yang sudah diyakini ampuh dan juga efektif. Namun jika sudah menggunakan cara di atas diare pada bayi tak kunjung sembuh, maka sebaiknya langsung berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Semoga informasi di atas dapat membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.
Baca juga: