search-button

Nov 10, 2016

3 Penyebab dan 3 Cara Mencegah Rabun Jauh yang Efektif

   
Advertisements
Penyebab Rabun Jauh
Apotik Sehat - Mencegah rabun jauh sangatlah penting dilakukan. Pasalnya, seseorang yang menderita rabun jauh atau myopi ini tidak bisa melihat objek pada jarak yang jauh. Kendati bisa melihat, penglihatan tersebut cenderung samar dan tidak jelas. Maka dari itu, terkadang seseorang yang menderita myopi sering menggunakana lensa khusus untuk membantu penglihatan mereka.

Tapi, apakah rabun ini bisa dicegah? Pada dasarnya, semua jenis rabun dapat dicegah dan dihindari, begitu pun dengan rabun jaun. Ada beberapa metode dan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kelainan mata yang satu ini. Tapi sebelum kita tahu cara mencegah rabun jauh, ada baiknya Kita kenali dulu penyebabnya.

Penyebab Myipo atau Rabun Jauh

Myopi atau rabun jauh pada dasarnya disebabkan karena adanya disfungsi organ mata, sepeti retina, kornea, dan lensa mata. Pada beberapa kasus myopi, terkadang kornea mata terlalu cembung dan terlalu lama kembali. Hal ini menyebabkan cahaya akan bertemu di depan retina dan saat cahaya tersebut sampai ke retina, cahaya tersebut akan buram dan tidak jelas. Pada umumnya, hal seperti dapat terjadi karena beberapa hal, seperti:
  1. Faktor Genetik atau Keturunan.
    Kendati faktor ini sangat mungkin terjadi, tapi beberapa kasus menyebutkan bahwa anak yang terlahir dari ibau atau ayah yang rabun terkadang tidak akan mengalami rabun. Terlebih lagi jika anak tersebut merapkan metode untuk mencegah rabun jauh.
  2. Kebiasaan Membaca yang Buruk.
    Terkadang agar fokus pada bahan bacaan, seseorang sering kali mendekatkan buku atau bahan bacaannya. Tapi disisi lain, hal tersebut dapat membuat otot kornea tidak lagi lentur. Akibatnya saat cahaya masuk dan sampai ke retina, bayangan objek yang Kita lihat akan buram.
  3. Terlalu Sering Menatap Layar Monitor.
    Terkadang seseorang sering menatap layar monitor komputer, TV, atau pun perangkat elektronik yang lain. Kendati tidak terlalu berpengaruh banyak, namun jika intensita menatap monitor ini berlebihan dan terlalu sering, maka kencenderuangan mata rabun akan semakin besar.

Baca juga:

Cara Mencegah Rabun Jauh

Dari sekian banyak kasus, ada beberapa cara dan metode yang bisa digunakan untuk mencegah myopi. Metode pencegahan ini pun terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Jadi, jika Anda ingin mencegah myopi, Anda juga bisa kok menggunakan metode dan cara ini.  Nah, adapun cara dan metode pencegahan myopi itu sendiri adalah sebagai berikut:
Cara Mencegah Rabun Jauh

  1. Melakukan Latihan Mata.
    Cara ini bisa dilakukan dengan melihat dua objek yang berbeda dengan jarak yang berbeda pula. Dengan metode ini, otot-otot pada kornea akan lebih lentur dan bisa mengembang dan menyusut sebagai mana mestinya.
  2. Melihat Pemandangan Alam.
    Pada dasarnya, metode mencegah rabun jauh ini adalah aplikasi cara nomor satu. Kendati mudah, namun cara ini terbilang cukup ampuh untuk mencegah dan mengurangi gejala myiopi itu sendiri. Selain itu, metode ini juga akan membuat Anda lebih rileks dan tenang. Agar metode ini menyenangkan, Anda bisa kunjungi tempat dengan pemandangan alam yang indah dan keren.
  3. Mengonsumsi Makanan yang Baik Untuk Mata.
    Cara yang satu terbilang yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Pasalnya, untuk mencegah myopi itu sendiri, Anda tidak perlu melakukan latihan atau pun berjalan-jalan. Karena untuk mencegah myopi dengan metode ini, Anda hanya perlu memakan beberapa buah dan sayuran yang baik untuk penglihatan, seperti wortel, bayam, alpukat, blueberry, dan masih banyak lagi.

Oya, perlu Anda katahui, jika menilik dari beberapa materi diatas, Kita bisa menyimpulkan bahwasanya cara paling ampuh untuk mencegah rabun jauh adalah dengan menjauhi penyebab rabun dan menjalankan tindakan pencegahan rabun itu sendiri. Tapi diluar itu semua, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen mata untuk lebih melindungi mata Anda dari rabun itu sendiri.
Baca juga: