search-button

Nov 9, 2016

2 Penyebab dan 3 Cara Mengobati Rabun Dekat dengan Operasi

   
Advertisements
Penyebab Rabun Dekat
Apotik Sehat - Rabun dekat atau hipermetropi adalah satu dari beberapa kelainan atau gangguan fungsi mata yang sering dialami oleh manusia. Pada dasarnya, kelainan ini disebabkan karena adanya disfungsi pada organ mata. Lebih tepatnya ada penurunan fungsi pada otot-otot pada mata karena telah kendur dan semacamnya. Umumnya, gangguan fungsi ini dialami oleh orang dengan rentang usia 40 tahun ke atas.

Pada kasus ini, orang yang menderita hipermatropi akan kesulitan untuk melihat objek pada jarak dekat, namun Ia dapat melihat dengan jela objek-objek pada jarak jauh. Sederhananya, gangguan mata yang satu ini adalah kebalikan dari miopi atau rabun jauh.

Penyebab Rabun Dekat

Pada dasarnya hipermetropi disebabkan karena penurunan fungsi mata yang diakibatkan kendurnya otot-otot pada organ mata. Tapi terlepas dari hal itu, hipermetropi sendiri bisa disebabkan karena beberapa faktor lain, seperti:
  1. Faktor Usia.
    Sudah bukan rahasia lagi jika orang yang berumur 40 tahun keatas umumnya menderita hipermetropi. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki rentang usia 40 tahu umumnya akan mengalami penurunan fungsi mata dan berujung pada hipermetropi.
  2. Faktor Keturunan.
    Pada umumnya, orang tua yang memiliki kelainan berupa hipermetropi dapat ditularkan pada anak-anak mereka. Perlu Anda tahu, penyebab rabun dekat pada anak ini bisa saja terjadi karena mengingat hipermatropi sendiri adalah satu dari berapa penyakit yang bisa ditularkan pada keturunan yang penderita.

Baca juga:

Cara Mengobat Hipermetropi atau Rabun Dekat

Cara Mengobati rabun Dekat

Dari sekian banyak metode, hanya operasilah yang dapat mengatasi rabun jenis ini secara efektif dan benar. Kendati mahal, namun hal ini diyakini jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan lensa atau semacamnya. Akan tetapi, dari beberapa kasus sedikitnya ada 3 operasi yang bisa dijalani untuk mengatasi gangguan mata yang satu ini. Nah, adapun operasi untuk pengobatan rabun dekat itu sendiri adalah sebagai berikut:
  1. Operasi LASIK.
    LASIK sendiri adalah operasi yang dilakukan untuk mengubah bentuk kornea mata. Pada umumnya, operasi ini menggunakan media laser yang proses operasi. Tapi jangan khawatir, operasi ini bukanlah jenis operasi baru, melainkan operasi yang sudah dilakukan sejak lama dan merupakan operasi dengan prosedur yang umum digunakan.
  2. Operasi PRK.
    Operasi yang satu ini adalah operasi yang dilakukan dengan menggunakan laser. Di lapangan, operasi ini dilakukan untuk membuah beberapa jaringan kornea mata sehingga dapat mengubah bentuk kornea itu sendiri agar semakin baik.
  3. Operasi LASEK.
    Sama halnya dengan dua jenis operasi pengobatan rabun dekat diatas, operasi LASEK juga operasi mata yang dilakukan dengan metode laser untuk mengubah bentuk kornea. Hanya saja, yang membedakan operasi ini dengan kedua operasi lainnya adalah, operasi yang satu ini menggunakan alkohol untuk mengendurkan permukaan kornea.

Tapi ingat, sebelum melakukan pengobatan seperti diatas, sangat dianjurkan untuk melakukan kondisi mata secara rutin terlebih dahulu. Pasalnya, dengan cara ini Anda akan mengetahui seberapa parahkah rabun Anda dan seberapa mungkinkan untuk dilakukan tindakan terapi dan pencegahan sebelum dilakukan pengobatan berupa operasi.
Baca juga: