search-button

Nov 23, 2016

Rabun Senja: 5 Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

   
Advertisements
Rabun Senja Gejala, Ciri Ciri, Cara Mengatasi Rabun Senja
Apotik Sehat - Anda tentu pernah dengar rabun senja atau Nyctalopia bukan? ya, rabun ini adalah salah satu gangguan mata yang dialami seseorang. Pada beberapa kasus, penderita gangguan ini umumnya akan mengalami kesulitan dalam melihat benda-benda dalam keadaan redup atau pun gelap. Maka dari itu, rabun ini pun dinamakan rabun senja atau rabun ayam.

Tapi tahukah Anda jika Nycalopia ini bukanlah sebuah penyakit? Ya, penyakit ini memang bukanlah sebuah penyakit. Pasalnya, dibandingkan ditetapkan sebagai penyakit, penyakit ini jauh lebih cocok jika dikatakan efek samping dari beberapa penyakit mata.

Penyebab Rabun Senja

Setelah dilakukan penelitian dan semacamnya, Nyctalopia umumnya disebabkan karena penderita kekurangan asupan vitamin A yang cukup. Perlu Anda ketahui, peran vitamin A untuk indera penglihatan sendiri sangatlah penting. Pasalnya, dengan adanya vitamin ini, sinyal molekul dari sinar matahari akan dirubah dan dijadikan sebau bayangan proyeksi gambar dan semacamnya. Tapi terlepas dari hal tersebut, Nyctalopia sendiri disebabkan karena beberapa hal lainnya. Adapun penyebab-penyebab yang dimaksud adalah:
  • Terjadinya degenerasi Makula pada indera penglihatan.
  • Adanya gangguan degenerasi retina.
  • Karena efek dari penyakit katarak.
  • Efek penyakit diabetes.
  • Dan dampak dari rabun jauh.

Gejala Rabun Senja

Pada dasarnya, gejala gangguan mata ini tidak jauh berbeda dengan beberapa gangguan mata lainnya. Akan tetapi, ada beberapa gejala yang memang berbeda. Tapi terlepas dari pada itu, ciri-ciri rabun senja atau penderita Nyctalopia sendiri umumnya akan mengalami penglihatan yang buram dan tidak jelas,terlebih lagi saat malam atau pun senja hari.

Hal ini merupakan dampak dan efek samping dari penyakit mata lainnya, seperti miopi, katarak, dan penyakit yang lainnya. Tapi selain efek samping dari sebuah penyakit mata, gangguan mata ini juga umumnya diakibatkan karena kekurangan vitamin A dan efek diabetes.
Baca juga:

Cara Mengobati Nyctalopia

Nama lain rabun senja adalah Nyctalopia. Karena gangguan ini bukanlah sebuah penyakit, maka cara mengobati rabun senja pun tidak begitu sulit. Pasalnya, untuk menyembuhkan gangguan ini, Anda hanya perlu menyembuhkan dan mengatasi penyebab dari Nyctalopia itu sendiri. Cara seperti itu umumnya dilakukan untuk penyebab berupa penyakit, seperti katarak, rabun jauh, atau pun yang lainnya.

Akan tetapi, jika penyababnya adalah karena kekurangan vitamin A. Maka tindakan yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatur asupan vitamin A itu sendiri. Adapun asupan vitamin A yang ideal itu adalah 5.000 international unit (IU) per hari. Adapun jika penyebabnya adalah diabetes, maka Anda hanya perlu mengatur kadar gula Anda saja, dan pastikan kadar gula Anda aman dan ideal.

Bagaimana? Sudah tahu apa itu rabun senja? Oya, perlu Anda ketahui, rabun ini pada dasarnya bisan dicegah dengan cara-cara yang mudah, seperti menggunakan metode membaca yang baik, menjaga kesehatan mata, dan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk mata. Dengan cara tersebut, niscaya mata Anda akan terbebas dari yang namanya Nyctalopia.
Baca juga: