search-button

Nov 12, 2016

Rabun Jauh: 4 Gejala dan 3 Cara Pengobatan Rabun Jauh

   
Advertisements
Penyebab dan Gejala Rabun Jauh
Apotik SehatRabun jauh atau miopi adalah keadaan dimana seseorang akan kesulitan untuk melihat objek yang jauh. Akan tetapi, untuk objek dengan ukuran dekat, mereka umumnya dapat melihatnya dengan jelas dan mudah. Dan untuk melihat objek jauh dengan jelas, penderita miopi umumnya menggunakan alat bantu seperti lensa dan semacamnya.

Jika dikatakan mengganggu, tentu saja gangguan mata ini sangat mengganggu penderitanya. Bagaimana tidak, seseoang tidak akan mungkin selalu menggunakan kacamata atau lensa setiap saat. Kendati ringan, namun penggunaan lensa atau kacamata terkadang menggangu penampilan pamakai itu sendiri.

Penyebab Rabun Jauh

Pada dasarnya miopi sendiri terjadi karena otot pada beberapa organ mata tidak bisa bekerja dengan sempurnya. Akibatnya, saat cahaya masuk ke mata, cahaya tersebut tidak bisa masuk dan sampai ke retina, melainkan hanya berada di depan retina saja. Saat hal ini terjadi objek yang dipandang akan terlihat buram dan tidak jelas. Tapi terlepas dari penyebab medis diatas, ada beberapa faktor yang membuat seseorang mengidap miopi. Adapun faktor penyebab tersebut antara lain:
  • Faktor genetik dan keturunan.
  • Faktor kebiasaan.
  • Faktor pola hidup yang tidak sehat.

Gejala Rabun Jauh

Pada dasarnya, gangguan mata ini dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Akan tetapi, sebelum gangguan mata ini menyerang, ada beberapa gejala yang umumnya dialami oleh penderitanya. Nah, adapun gejala tersebut antara lain:
  • Pandangan suka kabur, terlebih lagi pada objek dengan jarak yang dekat.
  • Sakit kepala yang berkepanjangan walaupun sudah minum obat sakit kepala.
  • Mata sering lelah.
  • Peningkatan intensitas berkedip yang berlebihan.

Baca juga:

Pengobatan Miopi atau Rabun jauh

Cara Mengatasi Rabun Jauh

Dari beberapa motode dan terapi yang berguna untuk mengatasi miopi, sedikitnya ada 3 pengobatan yang paling ampuh dan mujarap. Adapaun 3 pengobatan rabun jauh paling mujarap itu sendiri adalah:
  1. Menggunakan lensa kontak atau kacamata.
    Penggunakan lensa bantu seperti ini memang sangat baik untuk membantu penderita miopi dalam melihat, terutama melihat benda-benda yang jauh. Akan tetapi, jika pemilihan lensanya tepat dan ideal, maka penggunaan ini bisa berguna untuk mengurangi tingkat keparahan miopi itu sendiri. Numun jika pemilihannya salah, jangan heran jika miopi yang Anda alami akan bertambah parah. maka dari itu, pemilihan kacamata dan lensa yang ideal sangatlah wajib untuk dilakukan.
  2. Operasi.
    Pada kasus miopi, operasi yang paling sering digunakan adalah operasi sinar laser. Operasi ini adalah operasi yang berguna untuk pengobatan rabun jauh. Dan pada prakteknya, operasi ini sendiri dilakukan melaui 3 metode, yaitu:
  3. Operasi Laser epithelial keratomileusis (LASEK)
  4. Operasi laser in situ keratectomy (LASIK)
  5. Operasi photorefractive keratectomy (PRK)
  6. Pemasangan Lensa Buatan.
    Pemasangan lensa buatan adalah salah satu prosedur alternatif untuk mengatasi miopi dengan mudah dan gampang. Untuk melakukan metode ini, seorang penderita haruslah berumur 25 tahun keatas. Dan jika sudah memiliki syarat tersebut, penderita akan dipasangkan sebuah lensa buatan tanpa mengganti lensa mata yang sebenarnya.

Oya, perlu Anda ketahui, 3 pengobatan rabun jauh ini memiliki beberapa resiko tersendiri yah. Jadi, jangan menganggap kalau pengobatan ini aman-aman saja dan tanpa resiko. Pasalnya, jika prosedur yang dilakukan salah atau perawatan pasti pengobatan yang kurang tepat, seseorang bisa saja mengalami beberapa gangguanb seperti penglihatan kembali buram atau semacamnya. Maka dari itu, disamping melakukan pengobatan, Anda juga wajib untuk melakukan tindakan pencegahan rabun itu sendiri.
Baca juga: