search-button

Nov 17, 2016

Rabun Senja: 7 Penyebab dan 4 Cara Mengobati Nyctalopia

   
Advertisements
Penyebab dan Cara Mengobati Rabun Senja
Apotik Sehat – Pengobatan rabun senja atau Nyctalopia pada dasarnya tidaklah sulit. Akan tetapi, jika tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka pengobatan ini pun tidak akan berjalan dengan baik dan benar. Bukan hanya itu, dana yang dikeluarkan pun akan jauh lebih mahal saat Anda tidak sungguh-sungguh dalam pengobatan gangguan gangguan mata yang satu ini.

Terlepas dari hal itu, rabun ini pada dasarnya merupakan efek dari sebuah penyakit saja. Maka dari itu, untuk mengobati gangguan mata ini pun tidak sulit, karena Anda hanya perlu melakukan penganan penyabab dari Nyctalopia saja.

Gejala Rabun Senja

Nytalopia adalah salah satu gangguan mata dimana seorang penderitanya tidak akan mngkin melihat objek dengan baik saat malam hari. Hal tersebut terjadi karena sinyal molekul dari sinar cahaya yang diterima retina tidak bisa diolah dan rubah menjadi sebuah proyeksi gambar di otak.

Kendati gangguan ini tidak menyakitkan, namun jika terjadi berkali-kali pastilah akan menyulitkan penderitanya. Terlebih lagi jika sang penderita harus melakukan aktivitas saat senja atau pun malam hari. Mereka pastilah kesulitan untuk melakukan semua kegiatan mereka.

Penyebab Umum Nyctalopia

Seseorang yang mengidap gangguan ini umumnya disebabkan karena beberapa hal, seperti:
  1. Rabun jauh.
    Penyebab rabun senja yang satu ini merupakan ketidak mampuan seserang dalam melihat objek-objek yang jauh.
  2. Katarak.
    Penderita penyakit ini umumnya memiliki selaput dibagian mata yang memungkinkan Ia tidak bisa lagi melihat dengan jelas.
  3. Penyakit Glaukoma.
    Penderita penyakit ini umumnya mengalami penekanan pada bola mata dan mengakibatkan penurunan fungsi mata. Hal tersebut terjadi karena penderita penyakit ini umumnya mengalami kerusakan syaraf karena tekanan tadi.
    Adapun penyebab lainnya adalah:
  4. Efek dari diabetes.
  5. Kekurangan asupan vitamin A.
  6. Karena penyakit Retinitis Pigmentosa.
  7. Efek obat.

Baca juga:

Pengobatan Alami Untuk Nyctalopia

Untuk mengatasi gangguan mata ini, ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat mengobati rabun senja. Nah, adapun bahan-bahan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Telur.
    Sumber protein ini adalah makanan yang sangat bagus untuk mencegah dan mengatasi Nyctalopia. Pasalnya, asupan nutrisi pada telur sangat berguna untuk mengcegah timbulkan sakit mata saat usia senja.
  2. Sayuran hijau.
    Sayuran yang dimaksud umumnya berupa brokoli, bayam, dan kali. Sayuran seperti ini umumnya mengandung beberapa nutirsi seperti vitamin A, B12, C dan juga kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh dan mata. 
  3. Wortel.
    Umbi yang berwarna jingga ini sangatlah baik untuk kesehatan mata. Pasalnya, didalam satu buah wortel, Anda akan mendapatkan beberapa nutrisi yang bisa dimanfaatkan untuk  cara mengatasi rabun senja.
  4. Ikan.
    Bahan yang satu ini memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan mata. Adapun jenis ikan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah:
  • Ikan tuna.
  • Ikan salmon.
  • Ikan cod.
  • Dan beberapa ikan lain yang kaya Omega-3. 
Adapun bahan-bahan alami lain yang dapat mencegah dan mengatasi nyctalopia adalah:
  • Kacang-kacangan.
  • Bawang putih.
  • Coklat hitam.

Bagaimana? Bahan-bahan tadi mudah didapat dan murah bukan? maka dari itu, jika Anda tidak sempat melakukan tindakan penanganan rabun senja dengan mengatasi tiap gejalanya, Anda bisa mengatasinya dengan cara alternatif menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas. Tapi perlu Anda ingat, bahan-bahan diatas tidaklah menimbulkan dampat yang signifikan. Jadi, jika Anda ingin proses penyembuhan yang cepat, ada baiknya Anda gabungkan cara alternatif tadi dengan cara konvensional sebagaimana mestinya.
Baca juga: