search-button

Dec 22, 2016

2 Cara Mengobati Gatal Dengan Bawang Putih

   
Advertisements
Cara Mengobati Gatal Dengan Bawang Putih

Apotik Sehat – Bagaimana cara mengobati gatal dengan bawang putih? Ya, bagi Anda yang menderita penyakit kulit hingga menimbulkan gatal maka dapat menggunakan bawang putih sebagai salah satu pengobatan alternatif. Selain menggunakan jenis obat-obatan medis, gatal pada kulit juga dapat disembuhkan menggunakan beragam jenis obat tradisional.

Beragam jenis penyakit kulit memang dapat menyerang kalangan mana saja tanpa terkecuali, terlebih pada mereka yang kurang menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh. Gatal-gatal pada permukaan kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya seperti infeksi jamur yang dapat menimbulkan beragam jenis penyakit kulit.

Cara Mengobati Gatal Dengan Bawang Putih

Selain dapat diobati dengan berbagai macam obat-obaan medis seperti obat topikal, gatal-gatal pada kulit juga sebenarnya dapat diobati menggunakan bahan alami seperti bawang putih. Mengapa bawang putih? Ya, perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa bawang putih memang dikenal memiliki beragam kandungan alami yang berkhasiat.

Salah satunya seperti kandungan antibakteri dan antiseptik, kandungan tersebut diketahui berasal dari senyawa seperti minyak atsiri yang ada di dalam bawang putih. Belum lagi, bawang putih juga dikenal memiliki kandungan fosfor dan belerang yang cukup tinggi. Sehingga jangan heran jika bahan alami yang satu ini dapat membantu menghilangkan penyakit kulit seperti gatal-gatal.

Untuk itu, selain menggunakan varian obat-obatan medis, mengatasi gatal-gatal juga dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan bawang putih. Sedangkan untuk cara mengobatinya sendiri, ada cukup banyak metode dan juga cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan gatal. Penasaran dengan cara tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara mengobati gatal dengan bawang putih.

Cara Pertama
  • Cara pertama ini terhitung sangat mudah namun ampuh menghilangkan gatal. Hanya saja cara ini harus dilakukan secara perlahan karena dapat menimbulkan pedih pada permukaan kulit.
  • Caranya cukup mudah yakni dengan menyiapkan satu siung bawang putih kemudian kupas dan cuci bersih. Belah menjadi dua kemudian bagian permukaan dalamnya taburi dengan garam halus.
  • Gosokan bagian dalam bawang putih yang sudah ditaburi dengan garam halus tersebut pada area kulit yang gatal. Lakukan secara perlahan hingga gatal reda dan setelah kulit terasa pedih. Cara ini paling cocok untuk menghilangkan gatal karena panu, kadas, dan kurap.

Cara Kedua
  • Cara kedua ini berbeda dengan cara pertama tadi. Selain menggosokan bawang putih secara langsung pada area kulit yang gatal, mengobati gatal dengan bawang putih juga dapat menggunakan metode yang lain.
  • Caranya yakni siapkan terlebih dahulu 1 siung bawang putih kemudian kupas dan cuci bersih. Haluskan bawang putih tersebut kamudian campurkan dengan sedikit garam halus.

Setelah tercampur rata, oleskan bawang putih tersebut pada area kulit yang terasa gatal. Diamkan terlebih dahulu beberapa saat agar sari bawang putih tersebut dapat terserap kulit dengan sempurna, lalu bilas dan bersihkan dengan air.

Dua cara mengobati gatal dengan bawang putih di atas tadi diketahui masih menjadi cara alternatif yang ampuh dan juga efektif dalam mengatasi gatal. Selain menggunakan obat-obatan medis, mengatasi berbagai penyakit juga dapat memanfaatkan beragam bahan alami. Salah satunya seperti menggunakan bawang putih ini. Semoga dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.
Baca juga: