search-button

Apr 29, 2017

5 Obat Penghilang Bau Mulut Tradisional

   
Advertisements
Advertisements
Obat Penghilang Bau Mulut Tradisional
Apotik Sehat – Selain menggunakan obat penghilang bau mulut maka obat penghilang bau mulut tradisional berikut ini juga dapat menjadi referensi obat alternatif dalam mengatasi masalah tersebut. Ya, mengatasi permasalahan seperti bau mulut tentu saja tidak melulu harus menggunakan varian obat-obatan medis.

Melainkan juga dapat menggunakan ramuan tradisonal yang dibuat dari berbagai macam bahan-bahan alami. Hanya saja selain tidak mengetahuinya, mungkin sebagian besar kalangan pada saat ini cenderung merasa malas untuk membuatnya. Pasalnya kini sudah terdapat sangat banyak pilihan obat-obatan siap pakai yang lebih praktis dan efisien.

Obat Penghilang Bau Mulut Tradisional

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan tradisional untuk menghilangkan bau mulut tersebut? Bahan alami apa saja yang ditbutuhkan? Berikut ini adalah obat penghilang bau mulut tradisional lengkap dengan bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.
1. Cengkeh.
Cengkeh memang dikenal memiliki kandungan antibakteri yang cukup tinggi. Maka dari itu, cengkeh juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan seperti bau mulut. Berikut ini adalah cara membuatnya :
  • Siapkan satu sendok makan cengkeh terlebih dahulu.
  • Kemudian rebus cengkeh tersebut hingga kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur hingga 2 kali sehari.
2. Kayu Manis.
Kayu manis atau cinnamon sendiri diketahui memiliki kandungan aldehida cinnamic yang dikenal mampu mengatasi bakteri dan kuman yang terdapat di dalam mulut. Dan untuk mengatasi bau mulut, maka dapat mencoba cara dibawah ini :
  • Siapkan sekitar 1 sendok teh kayu manis, daun kapulaga serbuk dan 1 cangkir air matang.
  • Didihkan semua bahan tersebut kemudian saring airnya.
  • Setelah hangat, gunakan untuk berkumur hingga beberapa kali dalam sehari.
3. Lemon.
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa buah lemon dikenal memiliki kandungan antioksidan vitamin C yang cukup tinggi. Dan kandungan tersebut juga ternyata dapat membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka Anda dapat mencoba beberapa cara dibawah ini :
  • Siapkan 1 buah lemon segar dan sedikit garam.
  • Setelah itu, buatlah jus dengan lemon tersebut namun jangan terlalu kental.
  • Gunakan jus lemon tersebut untuk berkumur agar bau mulut dapat menghilang.
Baca juga:
4. Cuka Sari Apel.
Salah satu bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut tak sedap ialah cuka sari apel ini. Hal tersebut diketahui karena cuka sari apel ini memiliki pH yang dapat menyimbangkan aroma mulut tak sedap. Caranya yakni  :
  • Siapkan 1 sendok makan cuka sari apel dan air matang.
  • Campur cuka sari apel tersebut dengan air matang dan aduk hingga merata.
  • Larutan tersebut dapat Anda minum, namun juga dapat digunakan untuk berkumur.
5. Baking Soda.
Selain sebagai bahan pembuat kue, ternyata baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan aroma tak sedap di mulut. Karena soda bikarbonat ini meman dapat membantu menjaga keseimbangan kadar asam yang dapat menyebabkan bau mulut. Dan cara membuat ramuannya adalah :
  • Siapkan kurang lebih satu setengah sendok teh baking soda dan segelas air hangat.
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga larut.
  • Gunakan larutan tersebut untuk berkumur sekali sehari hingga bau mulut hilang.
Itulah obat penghilang bau mulut tradisional yang efektif dan mudah dibuat. Bahan-bahannya sendiri mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita sehingga tidak akan sulit ketika Anda mencoba untuk membuatnya. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: