search-button

Dec 1, 2016

Cara Menghilangkan Keloid Dengan Bawang Putih

   
Advertisements
Cara Menghilangkan Keloid Dengan Bawang Putih
Apotik Sehat – Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menghilangkan keloid dengan bawang putih. Sebenarnya tak perlu heran, karena hingga saat ini berbagai cara alami juga dapat menyembuhkan beragam jenis penyakit. Salah satunya ketika seseorang memiliki keluhan seperti keloid.

Keloid sendiri diketahui merupakan salah satu kondisi penebalan jaringan kulit pada bekas luka. Ya, karena pada umumnya bekas luka yang terdapat pada kulit akan mengalami proses regenerasi untuk menumbuhkan sel kulit yang baru. Sehingga permukaan kulit yang terdapat bekas luka tersebut akan mulai samar karena berganti dengan sel kulit yang baru.

Cara Menghilangkan Keloid Dengan Bawang Putih

Hal tersebut tentu saja merupakan proses alami yang akan selalu terjadi pada tubuh saat bagian kulit mengalami luka. Tujuannya sendiri yakni untuk membuat bagian kulit tersebut kembali seperti semula. Namun pada beberapa kondisi, tingkat produksi kolagen yang berlebihan pada bagian bekas luka tersebut akan menjadi keluhan yang mengganggu.

Kolagen yang berlebihan tersebut akan menjadi lapisan kulit yang menebal pada bagian bekas luka dan akan membesar. Dikatakan mengganggu karena walaupun bekas luka seperti keloid tidak menimbulkan rasa nyeri atau bahkan menular, namun tetap saja akan mengganggu penampilan seseorang dan membuat rasa percaya diri menurun.

Untuk mengatasinya, memang sudah terdapat banyak metode dan juga cara. Mulai dari penggunaan obat-obatan topikal, operasi, hingga menggunakan bahan alami. Jika berbicara mengenai bahan alami, maka untuk menghilangkan keloid ini Anda dapat memanfaatkan salah satu bumbu dapur seperti bawang putih.

Mengapa harus bawang putih? Pasalnya diketahui bahwa bawang putih sendiri memiliki kandungan senyawa seperti silika yang cukup tinggi. Dimana senyawa alami tersebut diketahui dapat membantu proses regenerasi pada sel serta jaringan kulit yang tengah mengalami luka. Selain  itu, kandungan tersebut juga diketahui dapat mencegah iritasi kulit.
Baca juga:
Tentu saja selain kandungan senyawa tersebut, masih banyak kandungan positif lain yang dimiliki oleh bawang putih.dan bermanfaat untuk tubuh kita. Lalu, bagaimana cara menghilangkan keloid dengan bawang putih ini? Bagi Anda yang ingin mencoba, maka dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini.
  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu beberapa siung bawang putih. Buang kulitnya lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, tumbuk seluruh bawang putih tersebut hingga halus kemudian peras dan saring untuk mendapatkan air sarinya. Sisihkan terlebih dahulu.
  • Sebelum memulai pengobatan alami ini, maka bersihkan terlebih dahulu bekas luka yang terdapat keloid. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit mampu menyerap setiap nutrisi yang diberikan oleh sari bawang putih tanpa terhambat oleh kotoran.
  • Setelah bersih, maka oleskan secara merata air sari bawang putih tersebut pada bagian bekas luka yang terdapat keloid.
  • Berikan sedikit pijatan secara lembut dan perlahan, kemudian diamkan terlebih dahulu air sari bawang putih putih tersebut hingga mengering dan menyerap pada pori-pori kulit.
  • Setelah itu barulah bilas dan bersihkan dengan air dingin.

Tentu saja cara tersebut tidak serta-merta memberikan hasil yang instan. Karena sebaiknya cara menghilangkan keloid dengan bawang putih tersebut dilakukan secara rutin dan teratur jika ingin memperoleh hasil yang optimal. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semuanya.
Baca juga: