search-button

Dec 3, 2016

Cara Mengobati Maag Dengan Tepung Kanji

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mengobati Maag Dengan Tepung Kanji
Apotik SehatCara mengobati maag dengan tepung kanji memang dapat dikatakan sebagai cara tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami. Kendati demikian, cara ini sebenarnya merupakan cara yang ampuh dalam mengatasi penyakit seperti maag. Tentunya tak kalah dengan penyembuhan sakit maag yang menggunakan obat-obatan medis.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa penyakit maag ini merupakan penyakit dibagian pencernaan khususnya di bagian lambung. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar asam lambung yang menyebabkan perut terasa kembung dengan efek lain seperti perih, melilit, mual, hingga muntah.

Cara Mengobati Maag Dengan Tepung Kanji

Terdapat beberapa penyebab yang dapat diketahui, antara lain seperti :
  • Terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang dapat mengiritasi lambung dengan mudah. Contohnya, makanan pedas dan asam.
  • Faktor penggunaan obat tertentu atau obat dengan dosis tinggi, seprti kafein, aspirin, kortison, hingga kortikosteroid.
  • Faktor stres dan tekanan emosi yang berlebihan.
  • Waktu makan tidak teratur, makan secara berlebihan, hingga sering menunda lapar.
    Infeksi bakteri.
  • Hingga menelan zat atau substansi korosif seperti asam kuat, alkali, hingga cairan pembersih berbahan kimia, dll.

Hingga saat ini, cara mengatasi penyakit maag sendiri memang sudah bermacam-macam. Namun di era modern ini, sebagian besar kalangan akan selalu memilih pengobatan dengan metode modern menggunakan obat-obatan medis. Padahal, masih terdapat banyak metode pengobatan lain seperti contohnya menggunakan tepung kanji ini.
Baca juga:
Mengapa harus dengan tepung kanji? Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa tepung kanji sendiri merupakan tepung halus yang dibuat dari umbi ketela pohon seperti singkong. Jika dicampur dengan air panas, maka tepung halus ini akan berubah teksturnya menjadi gental bahkan seperti menggumpal dan kenyal.

Hal tersebutlah yang diketahui dapat membantu meredakan asam lambung yang berlebihan. Teksturnya yang sangat halus dan kental diyakini dapat mendinginkan lambung yang panas karena iritasi atau radang yang terjadi pada bagian dinding-dindingnya. Dengan begitu, tingkat asam lambung pun akan menurun secara otomatis. Lalu, bagaimana cara pengobatannya? Berikut ini adalah cara mengobati maag dengan tepung kanji yang mudah namun efektif.
  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu tepung kanji sebanyak 1 ons.
  • Panaskan wajan tanpa minyak dengan api kecil, kemudian sangrai tepung kanji tersebut hingga berubah warna menjadi kekuningan.
  • Siapkan sekitar setengah gelas air panas, lalu campurkan dua sendok makan tepung kanji tadi dan aduk hingga mengental.
  • Dinginkan terlebih dahulu larutan tepung kanji tersebut, lalu diminum sampai habis saat larutan sudah hangat.
  • Untuk penyembuhan yang optimal, lakukan cara ini secara rutin dan teratur sekali setiap hari hingga satu minggu atau sampai penyakit maag berkurang dan hilang.

Sangat mudah bukan? Walaupun hanya menggunakan tepung kanji, namun khasiatnya menyembuhkan penyakit maag terhitung efektif. Semoga sedikit ulasan mengenai cara mengobati maag dengan tepung kanji di atas tadi dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.
Baca juga: