search-button

Dec 2, 2016

Cara Mengobati Sakit Maag Dengan Jeruk Nipis

   
Advertisements
Cara Mengobati Sakit Maag Dengan Jeruk Nipis
Apotik Sehat – Sebagian orang mungkin masih ada yang merasa bingung dengan cara mengobati sakit maag dengan jeruk nipis. Dikatakan demikian, karena memang buah seperti jeruk nipis ini merupakan buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit maag. Pasalnya air sari dari buah jeruk nipis sendiri terasa sangat asam dan berpotensi menyebabkan asam lambung meningkat.

Ya, karena penyakit maag atau yang dalam istilah medis disebut gastritis ini merupakan jenis penyakit yang terjadi karena kelebihan kadar asam lambung. Sehingga menyebabkan peradangan pada dinding-dinding lambung yang mengakibatkan rasa mual dan perih. Kelebihan kadar asam lambung tersebut juga akan menimbulkan gas berlebihan di dalam lambung.

Cara Mengobati Sakit Maag Dengan Jeruk Nipis

Penyakit maag atau gastritis ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, telalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan bersantan, kerap mengkonsumsi kopi, minuman beralkohol hingga merokok dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asam.

Untuk itulah mengapa buah seperti jeruk nipis tidak dianjurkan di konsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit maag atau gastritis. Karena air sari dari buah jeruk nipis sendiri memiliki rasa asam yang dapat memicu tingginya kadar asam lambung. Namun hal tesebut justru berbalik dengan metode atau cara pengobatan alami.

Karena dalam metode pengobatan tradisional, buah jeruk nipis ini justru diyakini dapat membantu mengatasi penyakit maag atau gatritis tersebut. Namun memang bukan dengan cara mengkonsumsi langsung buah jeruk nipis teresebut, akant tetapi mencampurnya dengan bahan lain dan dapat digunakan untuk terapi pennyembuhan setiap harinya.
Baca juga:
Penasaran dengan cara mengobati sakit maag menggunakan buah jeruk nipis ini? Bagi Anda yang ingin mencoba, maka inilah cara mengobati sakit maag dengan jeruk nipis yang mudah namun efektif.
  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu sebuah jruk nipis yang masih segar.
  • Selain buah jeruk nipis, siapkan juga satu gelas air hangat sebanyak kurang lebih 250 cc.
  • Langkah selanjutnya, cuci bersih buah jeruk nipis segar tadi lalu belah menjadi dua.
  • Kemudian, peras dan saring hingga Anda mendapatkan air sarinya.
  • Campurkan air sari perasan jeruk nipis tersebut dengan segelas air hangat yang telah disiapkan, aduk perlahan hingga semuanya tercampur rata.
  • Terakhir, minum air larutan jeruk nipis tersebut hingga habis sekaligus.

Waktu yang paling tepat untuk mengkonsumsi air larutan jeruk nipis ini adalah saat baru bangun tidur dan sebelum mengkonsumsi makanan atau minuman apapun di pagi hari. Hal tersebut dilakukan sebagai terapi agar asam lambung tidak mudah meningkat dan menyebabkan sakit maag.

Namun yang perlu disadari adalah lamanya waktu penyembuhan dengan terapi ini. Karena beragam cara alami dipastikan tidak akan memberikan hasil atau efek yang instan dan cepat. Melainkan akan membutuhkan waktu yang bergantung pada kondisi fisik masing-masing penderita penyakit maag.

Itulah cara mengobati sakit maag dengan jeruk nipis yang mudah namun efektif. Hal lain yang perlu di ingat adalah, bahwa cara ini bukan untuk mengobati melainkan merupakan terapi untuk menyembuhkan penyakit maag secara perlahan. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.
Baca juga: