search-button

Jan 18, 2017

Cara Menggunakan Barbel 5 Kg Untuk Pemula

   
Advertisements
Advertisements
Cara Menggunakan Barbel 5 Kg
Apotik SehatCara Menggunakan Barbel 5 Kg Untuk Pemula. Tahukah kalian apa itu barbel? Pastinya setelah mendengar kata barbel bayangan gym dan fitness telah terbayang dibenak kalian. Barbel memang menjadi salah satu alat yang wajib dipakai ketika kita berlatih fitness. Barbel sendiri memiliki tingkatan berat yang dapat dipilih, agar kita memiliki tubuh yang ideal dan indah barbel yang digunakan pun dapat mempengaruhinya.

Barbell sangat bagus untuk kita yang ingin membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan menambah masa otot bisep dan trisep kita. Dengan catatan berlatih sesuai dengan prosedur dan aturan serta kemampuan kita. Ada beragam jenis barbel yang dapat kita pilih, salah satunya adalah barbel 5kg. Lalu bagaimana Cara Menggunakan Barbel 5 Kg yang benar tersebut?

Apa Itu Barbell?

Barbell atau Dumbell  adalah bar atau tongkat besi dimana di setiap ujungnya diberikan tambahan piringan beban atau plate yang digunakan sebagai pemberat. Banyak orang awam yang keliru mengartikan barbell ini dengan dumbell, tetapi keduanya sama sama memberikan beban untuk latihan fitness kita. Yang menjadi perbedaan adalah barbell menggunakan tongkat panjang sebagai penyeimbang sisi badan, sedangkan dumbell tidak. Dengan barbell stabilitas gerakan serta seimbangnya kedua sisi badan akan terbentuk dengan baik. Lalu bagaimana Cara Menggunakan Barbel 5 Kg?

Tips Latihan Menggunakan Barbell 5 Kg Untuk Pemula

1. Pemanasan

Meskipun terlihat sepele, tetapi pemanasan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Rangkaian tips latihan dengan barbell memang harus menggunakan pemanasan terlebih dahulu. Dengan pemanasan tersebut otot kita akan lebih lentur serta meregang. Jadi sebelum kita mencoba untuk berlatih dengan barbell, kita harus melakukan pemanasan dengan baik untuk menghindari resiko cedera.

2. Uji beban terlebih dahulu

Sebelum kalian memasangkan badan diatas alat pengangkat barbel, sebaiknya kalian menguji terlebih dahulu berat barbell yang mampu kita angkat. Mengangkat barbell juga harus diiringi dengan kemampuan pernafasan yang teratur serta posisi yang baik. Setelah kita menguji beban barbell barulah kita berlatih dengan barbell dengan posisi yang baik serta pernafasan teratur. Bagi anda yang masih pemula, jangan sekali kali mengangkat barbell dalam posisi duduk. Posisi ini akan membebani paru paru dan dapat membahayakannya. Pilihlah posisi tidur dan mengangkat barbell naik turun selama berulang kali dalam minimal 3 set.

3. Pola makan

Selain tips tadi cara berlatih dengan barbell sebaiknya juga diimbangi dengan pola makan yang sehat. Makanan yang banyak mengandung lemak, kolesterol dan makanan tidak sehat lainnya akan mengandung lemak jahat yang membuat masa otot kita sulit terbentuk. Pola makan yang sehat ini juga diimbangi dengan konsumsi air putih 8 gelas per harinya.

Sekarang kalian tahu bukan bagaimana Cara Menggunakan Barbel 5 Kg? Pastinya kini kalian semakin tertarik untuk mencoba membentuk tubuh dengan barbell. Ingat ketika mencobanya, cobalah mengangkat beban yang ringan berulang kali, dan penambahan berat dilakukan secara bertahap.
Baca juga: