search-button

2 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Tanpa Pewarna Rambut

   
Advertisements
Advertisements
Cara Menghilangkan Uban Secara Tanpa Pewarna Rambut
Apotik SehatCara Menghilangkan Uban Tanpa Pewarna Rambut. Mungkin Anda pernah melihat orang yang umurnya masih muda namun rambut di kepalanya sudah terdapat banyak uban, atau malah Anda sendiri juga mengalaminya? Uban sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang sebagai tanda bertambahnya usia. Munculnya uban adalah salah satu gejala penuaan yang akan terjadi secara alami seiring usia yang semakin tua. Namun jika Anda masih berumur muda tapi uban sudah bermunculan di rambut Anda tentu saja akan menjadi masalah yang lain.

Oleh karena itu Anda membutuhkan solusi yang lebih baik untuk menghilangkan uban secara alami, tanpa harus menggunakan obat dan pewarna rambut. Dengan begitu berbagai efek samping yang berdampak buruk untuk kesehatan Anda bisa di hindari.

Cara Menghilangkan Uban Tanpa Pewarna Rambut dan Obat

Menghilangkan uban dengan cara-cara alami juga cenderung lebih murah, juga bisa di lakukan sendiri di rumah Anda masing-masing tanpa harus repot mengunjungi ahli kecantikan atau dokter spesialis. Berikut ini 2 cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan uban tanpa pewarna rambut:

1. Menggunakan Biji Pepaya

Bukan hanya buahnya mengandung banyak serat yang sangat baik untuk pencernaan, ternyata biji pepaya juga memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk membuat rambut Anda menjadi lebih hitam. Hal ini di sebabkan karena di dalam biji pepaya terkandung zat mineral dan pigmen yang tinggi. Kedua zat ini sangat di butuhkan untuk membuat rambut tidak kehilangan zat pigmen hitam dan membuatnya menjadi beruban.
Cara menghilangkan uban menggunakan biji pepaya:
  • Ambillah biji pepaya dari buah yang masih segar
  • Sangrai atau masak tanpa minya biji pepaya hingga kering
  • Haluskan biji pepaya yang sudah di sangrai hingga halus
  • Campurkan dengan minyak kelapa dan aduk rata hingga berbentuk seperti shampoo
  • Oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut Anda secara merata
  • Tutup dengan handuk yang telah di rendam dengan air hangat kemudian diamkan selama 1 jam atau lebih tergantung keinginan Anda
  • Setelah lebih dari 1 jam, bilaslah rambut Anda dengan cara keramas

2. Menggunakan Minyak Kemiri

Cara menghilangkan uban tanpa pewarna rambut bisa dilakukan dengan bahan alami yang satu ini. Minyak kemiri telah sejak lama sering di gunakan untuk menghitamkan rambut dan alis. Minyak kemiri sering di gunakan oleh orang-orang tua zaman dulu untuk merawat rambut bayi agar dapat tumbuh dengan lebat. Minyak kemiri juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk membuat rambut Anda yang beruban menjadi hitam kembali.
Baca juga:
Didalam minyak kemiri terdapat kandungan mineral essensial yang dapat merangsang produksi pigmen rambut. Sehingga dengan melakukan perawatan rutin menggunakan minyak kemiri akan membuat rambut Anda menjadi hitam kembali dan uban pun bisa hilang.
Cara menghilangkan uban dengan minyak kemiri:
  • Ambil beberapa butir kemiri secukupnya
  • Sangrai kemiri hingga kering
  • Haluskan kemiri hingga benar-benar halus dan keluar minyaknya
  • Setelah halus dan mulai terlihat minyaknya, tambahkan perasan jeruk lemon kemudian aduk rata
  • Gunakan sebagai masker rambut secara merata, diamkan selama 1 jam
  • Bilas hingga bersih dengan menggunakan air dan shampoo
Untuk menghilangkan uban dari rambut Anda, ada banyak sekali cara yang bisa di lakukan. Mulai dari menggunakan obat atau dengan cara yang lebih instan yaitu menggunakan pewarna rambut. Namun cara-cara tersebut terkadang kurang aman untuk kesehatan rambut Anda. Penggunaan obat-obatan kimia untuk menghilangkan uban terkadang memiliki efek samping yang justru dapat merusak kesehatan. Begitu pula dengan pewarna rambut yang sangat tidak di sarankan untuk di gunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama.