search-button

4 Manfaat Dan Khasiat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Dan Khasiat Buah Kelengkeng
Apotik Sehat – Meskipun sudah berulangkali memakannya, namun manfaat dan khasiat buah kelengkeng mungkin belum terlalu banyak di sadari oleh masyarakat. Padahal di balik rasanya yang manis dan segar, buah ini memiliki banyak sekali khasiat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaat dan khasiatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Dan Khasiat Buah Kelengkeng

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dan Mencegah Penuaan

Buah yang berasal dari daratan Asia tenggara ini memiliki kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan yang tinggi. Dengan mengonsumsi 100 gram buah kelengkeng murni, atau sekitar 30 buah kelengkeng maka Anda sudah mengurangi risiko terjadinya serangan kanker. Kandungan vitamin dan antioksidan juga sangat penting untuk membuat tubuh tetap kebal terhadap berbagai serangan radikal bebas.

Selain itu di dalam kelengkeng juga terkandung senyawa anti aging yang sangat baik untuk mencegah terjadinya masalah penuaan dini pada kulit. Bagi Anda yang ingin selalu terlihat awet muda, cobalah untuk sering-sering mengonsumsi buah kelengkeng ini.

2. Menghilangkan Depresi

Bukan hanya rasanya saja yang manis, namun ternyata kelengkeng juga dapat membuat keadaan jiwa menjadi lebih tenang dan mengurangi depresi. Di dalam kelengkeng terdapat senyawa anxiety yang dapat bekerja sebagai anti-depresan. Jika Anda memakan kelengkeng beberapa buah, efeknya akan langsung terasa pada detak jantung yang semakin melambat dan pikiran yang menjadi lebih rileks. Senyawa ini biasanya banyak terdapat dalam obat-obat penenang.

Penggunaan kelengkeng sebagai obat anti-depresan ini sepertinya masih belum di ketahui oleh orang banyak. Padahal salah satu manfaat dan khasiat kelengkeng dari sisi efeknya tidak kalah ampuh dengan obat-obatan penenang lainnya. Jika Anda sedang stress, jadikan buah kelengkeng sebagai camilan untuk menemani hari-hari Anda.

3. Menambah Tenaga

Rasa manis dari buah kelengkeng berasal dari zat gula yang memiliki struktur lebih sederhana dari glukosa pada gula tebu. Dalam istilah kesehatan senyawa gula ini dinamakan fruktosa atau gula buah. Sifat gula ini memiliki banyak sekali kelebihan di bandingkan gula biasa, diantaranya adalah sangat mudah di serap oleh tubuh. Fruktosa dapat langsung di serap masuk ke dalam aliran darah sehingga dapat di gunakan seketika sebagai bahan bakar metabolisme. Oleh karena itu manfaat kelengkeng dapat bermanfaat untuk memulihkan tenaga di saat Anda mengalami kelelahan.
Baca juga:
Untuk memaksimalkan penyerapan fruktosa dengan lebih cepat, Anda harus mengunyah buah kelengkeng lebih lama. Hal ini bertujuan agar fruktosa mengalami pencernaan oleh enzim yang ada di dalam air ludah Anda. Sehingga ketika masuk ke dalam tubuh fruktosa akan segera bisa di serap ke dalam aliran darah.

4. Mengobati Luka

Manfaat dan khasiat buah kelengkeng ternyata tidak hanya di peroleh dengan cara di makan saja, namun ternyata kelengkeng juga dapat di gunakan sebagai obat luka yang ampuh. Bagian dari buah kelengkeng yang bermanfaat untuk mengobati luka adalah bijinya.

Di dalam biji kelengkeng terdapat zat anti bakteri yang cukup kuat untuk membunuh berbagai kuman penyakit yang berpotensi masuk saat bagian tubuh Anda terluka. Jika anda mengalami luka berdarah atau luka bakar, maka cara menggunakan biji kelengkeng sebagai obat adalah dengan menghaluskannya. Anda bisa menumbuk atau memblender biji kelengkeng hingga halus.

Kemudian tempelkan pada bagian tubuh Anda yang luka. Selanjurnya tutup dengan menggunakan perban dan diamkan hingga luka mengering. Cara ini telah di buktikan dan memang cukup ampuh untuk mengobati luka dengan cepat.

Manfaat dan khasiat buah kelengkeng yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penuaan, menghilangkan depresi, menambah tenaga dan mengobati luka.